Cara Mengatasi Memori Penuh, Jangan Buru-Buru Reset HP

Muri Setiawan/ Net Lintasbabel.iNews.id
Cara mengatasi memori penuh dapat Anda pelajari dari artikel di bawah ini. Foto: Net.

PANGKALPINANG, Lintasbabel.iNews.id - Cara mengatasi memori penuh di handphone atau smartphone, bisa Anda simak pada artikel berikut ini. Memori HP penuh kadang membuat penggunanya merasa jengkel, padahal tidak ada APK atau aplikasi berukuran besar yang diinstal.

Memori HP sendiri terbagi menjadi dua, yakni RAM dan ROM. RAM atau Random Access Memory adalah memori bawaan yang sudah melekat pada HP. RAM adalah memori utama HP untuk menyimpan data aplikasi yang dijalankan untuk diproses oleh prosesor utama.

Sementara ROM atau Read Only Memory, adalah media penyimpanan internal (storage) berupa chip memori yang tertanam secara terpisah di mainboard HP.

Istilah ROM mengacu pada jenis penyimpanan yang setelah ditulis (diprogram) tidak bisa lagi ditulis data lain sehingga hanya dapat dibaca (read only), seperti misalnya DVD-ROM atau chip ROM di cartridge konsol video game. 

ROM merupakan salah satu aspek terpenting pada sebuah smartphone. Di sinilah kamu bisa menyimpan beragam file, mulai dari aplikasi, game foto, video, hingga lagu.

Selain memori internal tersebut, sejumlah pengguna HP juga terkadang menambahkan memori eksternal yang dikenal dengan nama Micro SD. Memori ini dapat dibeli bebas di pasaran dengan beragam ukuran kapasitasnya.

Editor : Muri Setiawan

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3 4 5 6 7

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network