Fasilitas Energi Ukraina Digempur Rusia, Kiev Terancam Gelap Gulita

Umaya Khusniah
Otoritas kota Kiev memperingatkan adanya kemungkinan 'pemadaman total' jaringan listrik ibu kota. Foto: Reuters

KIEV, Lintasbabel.iNews.id - Perdana Menteri Ukraina menjalakan hampir separuh sistem energi negara itu lumpuh akibat serangan Rusia. Terkait serang itu, Otoritas kota Kiev memperingatkan adanya kemungkinan 'pemadaman total' jaringan listrik ibu kota. 

"Kami sedang mempersiapkan berbagai skenario, termasuk pemadaman total," kata Wakil Kepala Pemerintah Kota Kiev, Mykola Povoroznyk, dalam komentar yang disiarkan televisi, Jumat (18/11/2022). 

Rusia meningkatkan serangan terhadap fasilitas energi Ukraina dalam beberapa pekan terakhir. Pasukan menggempur infrastruktur listrik di seluruh negeri dalam serangan udara berat pada Selasa dan Kamis pekan ini. 

Sementara itu, para ahli dan teknisi terus berupaya untuk memperbaiki jaringan listrik di ibu kota, yang mengalami hujan salju pertama musim ini pada hari Kamis lalu.

"Sayangnya, Rusia terus melakukan serangan rudal terhadap infrastruktur sipil dan kritis Ukraina. Hampir setengah dari sistem energi kami dinonaktifkan," kata Perdana Menteri Denys Shmyhal setelah pembicaraan dengan komisaris perdagangan Eropa Valdis Dombrovskis.

Kiev merupakan salah satu kota yang paling parah terkena serangan rudal dan pesawat tak berawak. Serangan tersebut sering mengakibatkan matinya listrik, pemanas, dan air di banyak daerah saat musim dingin mendekat.


Artikel ini telah tayang di www.inews.id dengan judul " Rusia Terus Gempur Fasilitas Energi Ukraina, Kiev Kemungkinan Alami Pemadaman Total "
 

Editor : Muri Setiawan

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network