KA-52M, Heli Tempur Andalan Rusia Kini Makin Canggih dan Mematikan

Joko Setyawanto
Helikopter Tempur Rusia, KA-52M Alligator. Foto: twitter @WDequid.

"Semua detail status helikopter dikumpulkan dan disimpan pada disk penyimpanan elektronik onboard. Seorang teknisi mengunduh informasi setelah pesawat mendarat dan menyimpannya di laptop khusus dengan perangkat lunak yang sesuai diinstal. Hasilnya ditampilkan dalam bentuk menu terperinci, di mana teknisi udara dapat memilih helikopter apa pun, melihat statusnya secara umum dan status unit individu. Status struktur dan unit yang dipantau disorot dalam menu dengan warna yang berbeda, dari hijau (normal) hingga kuning (pemeriksaan struktur tambahan diperlukan) dan merah (darurat)," kata Nikolay Lvov. 

Sebelumnya, KA-52M yang sudah memliki pengalaman tempur dalam perang sipil di Suriah sudah dikembangkan dan dilengkapi dengan sistem pencitraan malam, sehingga memiliki efektifitas tinggi dalam pertempuran malam hari. 

Disamping itu, KA-52M juga sudah dipersenjatai dengan rudal anti tank Vikhr yang memiliki jarak serang maksimum 8 Km dan dapat dikembangkan menjadi 10 Km. Persenjataan rudal jarak jauh yang dipandu sistem radar array versi terbaru ditambah sistem akuisisi dan indentifikasi target optoelektronuk jarak jauh yang distabilkan gyro, sebuah perangkat muktahir untuk meningkatkan akurasi bidikan senjata,serta perangkat defensif untuk menghadapi sistem pertahanan udara portable maupun kemampuan menetralisi ancaman rudal anti pesawat. 

Dengan segala kemampuan yang dimilikinya, helikopter serang KA-52M ini menjadi salah satu tulang punggung militer Rusia dan terlibat langsung dalam perang dengan Ukrain yang sudah memasuki bulan ke-9.

Editor : Haryanto

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network