Kisah Sukses Pemilik MS Glow, Brand Produk Kecantikan yang Omsetnya Mencapai Rp600 Miliar per Bulan

Muri Setiawan/ Net
Maharani Kemala dan Shandy Purnamasari, Pemilik MS Glow. Foto: Instagram @ShandyPurnamasari.

JAKARTA, lintasbabel.id - Kisah sukses pemilik MS Glow berikut ini mungkin bisa memotivasi dan memberikan Anda inspirasi bisnis. Menariknya, brand MS Glow sempat menjadi perebutan dua orang kaya atau crazy rich Indonesia. Hal ini wajar saja, karena omset MS Glow mencapai Rp600 miliar per bulannya.

 

 

Brand kecantikan MS Glow sendiri berdiri pada tahun 2013. Lantas siapakah pemilik sebenarnya?

Shandy Purnamasari dan Maharani Kemala, dua sosok dibalik kesuksesan produk kecantikan dengan motto 'Magic for Skin' itu. MS Glow diambil dari kedua nama pendirinya, yakni Maharani dan Shandy. Mereka menciptakan MS Glow untuk membantu konsumen mendapatkan kulit glowing.

Awal mula berdirinya MS Glow karena keduanya serign terlibat kerjasama beberapa proyek bisnis bersama sejumlah artis.

Berikut ini profil pemilik MS Glow

1. Maharani Kemala

Maharani Kemala bernama lengkap Kadek Maharani Kemala Dewi, lahir pada 3 September 1998. Ia mulai dikenal saat memulai bisnisnya MS Glow. Ia juga dikenal sebagai founder Aesthetic Clinic di Denpasar, Surabaya, Bandung, Sidoarjo, Malang, dan Jakarta.

 


Maharani Kemala, Pemilik MS Glow. Foto: Instagram/ Maharanikemala

 

Selain itu, Maharani juga diketahui mengelola pabrik pengolahan bahan kosmetik, Urban Indo Manufaktur di Tangerang, Banten.

Maharani diketahui telah menikah dengan Dewa Gede Adi Putra dan memiliki anak bernama Dewa Gede Darren Mahaputra.

Dalam sebuah ajang kompetisi, ia dijuluki sebagai Women Award 2018-2019 kategori Women in Beauty.

Sumber Kekayaan Maharani Kemala

Berikut ini 10 sumber kekayaan Maharani Kemala si Crazy Rich Bali, yang kami rangkum dari idxchannel.id:

 

 

1. Urban Company

Urban Company merupakan perusahaan yang didirikan oleh Maharani Kemala bersama suaminya, Dewa Gede Adi Putra. Berawal dari berjualan online pada tahun 2014, usaha yang dijalani Dewa Gede bersama Maharani Kemala berkembang sangat pesat. Hingga akhirnya pada tahun 2020, Urban Company berdiri. 

2. PT Urban Indo Manufaktur

Sumber kekayaan Maharani Kemala berasal dari salah satu bisnisnya PT Urban Indo Manufaktur. Perusahaan ini merupakan perusahaan manufaktur yang bergerak dalam industri maklon kosmetik dan produk-produk kecantikan serta perawatan kulit. Perusahaan ini juga merupakan salah satu anak perusahaan dari Urban Company. 

3. Bank Urban

Bank Urban juga merupakan salah satu bank milik Maharani Kemala yang berada di bawah Urban Company. Bank Urban merupakan Bank Perkreditan Rakyat (BPR) yang berfokus pada permodalan bagi UMKM. 

4. Urban Bali Property

Maharani juga merambah ke bisnis properti yang ia namakan Urban Bali Properti. Perusahaan yang juga menjadi gurita bisnis Maharani ini menyediakan berbagai macam properti seperti rumah, ruko, dan tanah yang bersegmentasi kalangan menengah ke bawah. 

5. Urban Air

Beberapa waktu lalu, Maharani Kemala membagikan potret helikopter di akun sosial medianya. Rupanya, helikopter ini juga merupakan salah satu bisnis terbaru Maharani Kemala di bidang transportasi untuk pariwisata. Bisnis ini jelas menjadi salah satu penyumbang kekayaan sang Crazy Rich Bali tersebut. 

6. Urban Express

Maharani Kemala juga memiliki bisnis di bidang transportasi logistik yang bernama Urban Express. Perusahaan tersebut menjadi salah satu perusahaan Maharani Kemala yang ada di bawah Urban Company. Selain melayani kebutuhan transportasi logistik untuk berbagai perusahaan miliknya yang lain, Urban Express juga melayani transportasi logistik untuk publik. 

7. MS Glow

Masyarakat pasti sudah mengetahui bahwa sumber kekayaan Maharani Kemala yang paling dikenal adalah MS Glow, sebuah produk kecantikan yang kini sedang banyak diminati. Sebelumnya, MS Glow merupakan produk skin care bernama Cantik Skin Care yang mulai dirintis pada 2014.  

Bisnis produk skin care ini berkembang pesat hingga akhirnya berubah nama menjadi MS Glow pada 2016. Skin care yang satu ini menjadi sorotan lantaran banyak menggunakan selebriti atau influencer yang sedang viral sebagai Brand Ambassador-nya. 

8. MS Glow Aesthetic Clinic

Tak hanya berupa produk skin care, Maharani Kemala juga mengembangkan bisnis MS Glow ke klinik kecantikan MS Glow Aesthetic Clinic. Klinik ini didirikan pada 2017 di beberapa kota-kota besar di Indonesia. 

9. MS Kids Protection

MS Glow juga melebarkan sayapnya merambah ke skin care khusus anak yang bernama MS Kids Protection. Ini tentu menjadi salah satu dari gurita bisnis Maharani Kemala yang menyokong harta kekayaan. 

10. TUB Beauty Store

TUB Beauty Store juga merupakan salah satu gurita bisnis Maharani Kemala di bidang kecantikan. TUB Beauty Store menjual berbagai produk kecantikan dari berbagai brand ternama seperti Urban Decay, Bobby Brown, MAC, dan lain sebagainya. Bahkan, TUB Beauty Store mampu mendapatkan pelanggan selebriti dari dalam dan luar negeri. 

Maharani Kemala juga mulai merambah ke YouTube dan telah memiliki lebih dari 922 ribu subscriber. Dari YouTube ini, Maharani bisa mendapatkan penghasilan hingga Rp1,28 miliar per bulan.

 

2. Shandy Purnamasari

Shandy Purnamasari, kelahiran 10 Oktober 1991 asal Surabaya, Jawa Timur ini diketahui adalah istri dari Gilang Widya Pramana merupakan pemilik Juragan 99 Trans, yang bergerak di bidang transportasi darat. . 

 


Kisah sukses pemilik MS Glow, Shandy Purnamasari. Foto: Instagram @shandypurnamasari.

 

Selain mendirikan MS Glow, Shandy juga merupakan pendiri MS Glow Aesthetic Clinic dan PT Kosmetika Global Indonesia, yang telah beroperasi di Bandung, Bintaro, Bali, Bekasi, Jakarta, Surabaya, dan Malang sejak 2018.

Shandy terlahir dari keluarga yang sederhana, sehingga pencapaiannya sekarang betul-betul diraihnya berkat kerja keras dan bantuan serta dukungan keluarga dan pihak terdekat.

"Aku itu harus sekolah di negeri agar aku bisa sekolah. Dan aku harus bisa dapat rangking 10 besar untuk dikasih cokelat. Itu yang membuat aku merasa ditantang," kata Shandy di Youtube FemaleDailyNetwork.

Shandy sendiri mengaku sudah aktif berjualan online sejak dirinya duduk dibangku kuliah. 

"Aku punya Blackberry itu dari hasil jualanku. Dari sekolah aku sudah jualan baju sarimbit, batik yang couple-an. Biasanya aku ambil fotonya dari toko orang. Terus fotonya aku jualin lagi," tuturnya.

Agar bisa membayar kuliah, Shandy Purnamasari juga menjual jersey bola, jaket, baju, dan sepatu bola.

"Aku cuma copas foto aja lho, supaya bisa bayar kuliah. Dulu jual jersey bola sekarang punya klub bola," katanya.

Sebelum lulus kuliah Shandy ternyata sudah menikah dengan Gilang Widya Pramana.

"Mas Gilang berpesan kepada aku, nggak boleh bekerja di luar. Tapi dasarnya aku kuliah sudah pegang uang sendiri," katanya.

 

 
Setelah menikah, Shandy melihat peluang untuk mencoba bisnis yang berbeda. Pada saat itu dia pindah dari Surabaya ke Malang dan tidak bisa menemukan produk kecantikan yang biasa dipakainya.

"Waktu itu aku mikir, kenapa nggak bisa dikirim aja. Kalau aku beli harus beli langsung ke Surabaya. Dan aku menangkap peluang," ujarnya.

Shandy kemudian membeli produk kecantikan racikan dokter yang merupakan tetangganya. Produk itu dijual olehnya secara online di Malang. Dan pada saat itu sekitar tahun 2013, belum banyak orang yang memakai media sosial untuk berjualan.

"Dulu awal jualan pakai Instagram, Facebook, Kaskus, Tokobagus dan pokoknya aku manfaatin semuanya. Karena dulu orang manfaatin media sosial untuk selfie dan liburan," ucapnya.

Tahun 2019, Shandy menerima penghargaan Kartini Masa Kini dari MNC Lifestyle & Fashion Channel.

Shandy yang bertindak sebagai Executive Producer untuk lagu Semua Kan Berlalu juga menerima penghargaan MURI (kategori Kolaborasi Karya Seni dari Rumah oleh Figur Nasional Terbanyak) tahun 2020.

Pada 2020, Shandy bersama Aan Story dan Prilly Latuconsina menjadi produser eksekutif dan menerima penghargaan dari Museum Rekor Muri kategori Kolaborasi karya Seni dari Rumah oleh Figur Nasional Terbanyak pada penggarapan lagu Semua Kan Berlalu dan didukung oleh sekira 50 artis Indonesia.

Shandy bersama suaminya GIlang dikenal juga sebagai Crazy Rich Malang dan sudah berhasil memiliki pesawat pribadi serta telah menjadi pemilik dari club sepakbola Arema FC.

 


MS Glow. Foto: Instagram @shandypurnamasari.

 

MS Glow menggandeng sejumlah nama pesohor Tanah Air sebagai brand ambasadornya. Sebut saja Nagita Slavina dan Raffi Ahmad. Dari kalangan atlet, ada nama Eko Yuli, Nurul Akmal, Anthony Sinisuka Ginting, Rahmat Erwin, dan Windy Cantika Aisah sebagai duta produknya.

Kini, MS Glow tercatat sudah memiliki setidaknya 13 cabang klinik kecantikan di Tanah Air. MS Glow juga sudah mempunyai pabrik farmasi, jamu, makanan dan minuman, dengan 80 ribu lebih orang yang menjual produknya.

Sumber Kekayaan Shandy Purnamasari

1. MS Glow

Di urutan pertama ada MS Glow. Ini merupakan usaha Shandy Purnamasari di bidang kecantikan yang dirintisnya bersama Maharani Kemala. Brand ini menghasilkan produk-produk skincare atau perawatan kulit yang cukup fenomenal dan laris di pasaran.

2. PT Kosmetik Global Indonesia

Selain di MS Glow, Shandy Purnamasari juga memiliki bisnis di PT Kosmetik Global Indonesia. Lewat perusahaan ini, Shandy merilis produk-produk perawatan kulit, tubuh, rambut, hingga make-up.

3. MS Slim Beauty

Tidak hanya kecantikan wajah, usaha lain yang digeluti Shandy Purnamasari yakni MS Slim Beauty. Sesuai namanya, brand ini memiliki produk-produk pelangsing. Di antaranya saja minuman, slimming capsule, body treatment oil. MS Slim Beauty ini masih bagian dari MS Glow.

4. Mulsk Beauty

Shandy juga merilis Mulsk Beauty pada tahun 2020 silam. Ini merupakan brand yang menyediakan perlengkapan tidur seperti sarung bantal dari mulberry silk. Sarung bantal tersebut diklaim dapat mengatasi masalah kulit seperti jerawat serta mempunyai manfaat anti-aging.

5. Kosme Mask

Di masa pandemi Covid-19, Shandy Purnamasari merambah bisnis dengan membuat brand masker, Kosme Mask. Masker besutannya ini diklaim menjadi produk masker pertama di Indonesia yang menggunakan stopper dan nano silver.

6. Kosme Pack

Tidak hanya ada Kosme Mask, tetapi juga Kosme Pack. Berbeda dari yang lainnya, Kosme Pack adalah perusahaan di bidang percetakan/printing dan packaging. 

7. J99 Corp

Bersama sang suami, Shandy Purnamasari membuat kerajaan bisnis ‘J99 Corp’. Inilah induk perusahaan yang menaungi usaha-usaha mereka lainnya seperti PT Kosmetik Global Indonesia, Kosme Mask, hingga JiWater. (TYO)

Nah, itulah kisah sukses pemilik MS Glow dan sumber kekayaannya. Semoga menginspirasi Anda.

 

Editor : Muri Setiawan

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network