Logo Network
Network

Foto Keseruan Masyarakat Kampung Daya Baru Mentok Sambut Ramadhan dengan Pawai 3.000 Obor

Oma Kisma
.
Minggu, 10 Maret 2024 | 02:51 WIB

BANGKA BARAT, Lintasbabel.iNews.id - Menyambut bulan suci Ramadan 1445 H, masyarakat Kampung Daya Baru, Kecamatan Mentok, Kabupaten Bangka Barat (Babar) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) menggelar pawai 3.000 obor, Sabtu (9/3/2024) malam. 

Pawai obor yang diikuti ribuan peserta ini menempuh jarak sekitar 2 kilometer. Bupati Bangka Barat, Sukirman mengapresiasi budaya gotong royong masyarakat setempat yang tetap semangat melestarikan tradisi.

"Alhamdulillah malam ini kita bersama dalam rangka pawai obor atau safari 3000 culok, menyambut bulan suci Ramadan yang setiap tahunnya memang sudah di agendakan, pemerintah kabupaten Bangka Barat mensupport acara ini," ucapnya, Sabtu (9/3/2024) malam.

Sukirman berharap, semangat warga Kampung Daya Baru untuk melestarikan kegiatan tersebut tetap terjaga, Pemerintah melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata juga terus membantu anggaran, supaya tradisi itu tetap diselenggarakan.

"Masyarakat bergotong royong, harapannya tradisi adat yang sudah bagus ini, karena pawainya itu bersalawat kepada rasulullah, insya Allah kekompakan ini tetap berjalan setiap tahunnya," katanya.

Sementara itu, Mardiono mengatakan kegiatan pawai obor menyambut bulan Ramadan ini telah berlangsung sejak lama dan turun temurun, untuk memeriahkan acara tersebut, pihaknya mengundang seluruh sekolah yang ada di Kabupaten Bangka Barat.

"(Peserta) ada dari luar karena kami mengundang sekolah-sekolah. Tujuan dari acara ini untuk terus melestarikan festival adat. Kemungkinan tahun depan kami di support dari Dinas Pariwisata, akan kami tingkatkan lagi event ini," katanya. 

Editor : Muri Setiawan

Follow Berita iNews Lintasbabel di Google News

Bagikan Artikel Ini