get app
inews
Aa Read Next : Indonesia Batal Tuan Rumah Pildun U-20, Ridwan Kamil Sindir Ganjar dan Wayan Koster

Jemput Jenazah Eril di Swiss, Ridwan Kamil: Dear Eril, Saatnya Kamu Pulang ke Negeri Untaian Doa

Sabtu, 11 Juni 2022 | 15:14 WIB
header img
Momen Ridwan Kamil merapikan rambut putranya Emmeril Kahn Mumtadz dengan jari tangannya. (FOTO: tangkapan layar video viral/@inahamdani).

BANDUNG, lintasbabel.id - Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil saat ini sedang berada di Swiss untuk mengurus kepulangan jenazah putra sulungnya Emmeril Khan Mumtadz atau Eril ke Indonesia.

Namun, ada satu hal yang membuat netizen terharu, yakni unggahan status Kang Emil sapaan akrab Ridwan Kamil di akun Instagram pribadinya, @ridwankamil untuk almarhum putra sulungnya yang meninggal dunia usai berenang di Sungai Aaree Bern, Swiss tersebut.

Dalam unggahannya, Ridwan Kamil menuliskan rangkaian kata-kata manis untuk Eril, sebagai berikut:

"Dear Eril,

Saatnya kamu pulang ke negeri untaian doa.
Ke negeri para Wali yang salah satunya adalah leluhurmu.

Dear Eril,

Sudah aku siapkan sebuah tempat yang istimewa.
Sudah aku desainkan sebuah rumah akhirmu yang indah.
Di sebelah sungai kecil, dengan pemandangan gunung dan pesawahan yang hijau permai.

Dear Eril,

Rumah akhirmu berada di sebelah masjid.
Masjid yang bertempat di kampung ibumu.
Masjid yang didesain dan sedang dibangun ayahmu.
Dan yang terpenting, Masjid ini dinamai seperti namamu.

Masjid Al Mumtadz.

Yang artinya “terbaik”.
“Terbaik” adalah caramu menjalani hidup di dunia fana ini.

Tidak sia-sia kami pilihkan nama penuh doa itu untukmu.

Eril, today is Saturday.

It is a good day to go home."

 

Demikian untaian kata-kata yang ditulis Ridwan Kamil untuk putranya. Puisi indah itu juga mengungkap rencana Ridwan Kamil membangun sebuah masjid bernama Al-Mumtadz untuk mengabadikan nama Emmeril Kahn Mumtadz.

Selain itu, Kang Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil, membagikan sketsa dan gambar maket rancangan Masjid Al-Mumtadz yang akan dibangunnya. Desain arsitektur masjid tersebut sangat artistik, indah, berbeda dari karya-karyanya yang telah dibangun selama ini.

Diketahui, Ridwan Kamil merupakan arsitektur andal lulusan Institut Teknologi Bandung (ITB). Jauh sebelum menjadi Wali Kota Bandung dan Gubernur Jabar, Ridwan Kamil merupakan pengusaha di bidang arsitektur sekaligus dosen di ITB.

Telah banyak karya arsitektur monumental Ridwan Kamil yang telah berdiri dan menghias kawasan, baik di kawasan Bandung Raya, dan sejumlah daerah di dalam, maupun luar negeri.

Diketahui, Gubernur Jabar Ridwan Kamil bersama jenazah Eril dijadwalkan akan pulang ke Indonesia dari Swiss pada Sabtu (11/6/2022) dan dijadwalkan tiba pada Minggu (12/6/2022). Setelah tiba di Bandung, jenazah akan disemayamkan di di Rumah Dinas Gubernur Jawa Barat Gedung Pakuan.

Pengajian akan kembali rutin digelar untuk mendoakan almarhum Eril setiap hari setelah Ashar. Persiapan-persiapan itu dilakukan agar pemulasaraan jenazah hingga pemakaman berjalan lancar. 

"Dapat kami informasikan terkait rencana-rencana kepulangan Pak Gubernur dan juga almarhum pada hari besok dan tiba di sini hari Minggu. Kemudian setelah tiba di Indonesia kami belum bisa memastikan apakah akan disemayamkan dulu di sini atau langsung ke pemakamanan. Kami akan melihat dulu waktu tibanya," kata Wahyu.

 

Editor : Muri Setiawan

Follow Berita iNews Lintasbabel di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut