get app
inews
Aa Read Next : Dr Hinca Gelar Bedah Buku Save Babel di Bangka Tengah, Berisi 8 Rekomendasi untuk Prabowo-Gibran

Temu Teknis Pekebun, Algafry: Fokus Kembangkan Sektor Komoditas Unggulan

Kamis, 30 September 2021 | 20:19 WIB
header img
Penyerahan bantuan oleh Bupati Bangka Tengah kepada petani. (Foto: lintasbabel.id/ Rachmat Kurniawan)

BANGKA TENGAH, lintasbabel.id - Pembangunan sub-sektor perkebunan, mempunyai peranan penting dalam rangka mewujudkan stabilitas perekonomian masyarakat. Sub sektor perkebunan terbukti memberikan kontribusi yang cukup besar di beberapa daerah, termasuk Kabupaten Bangka Tengah dengan potensi kawasan perkebunan yang tersebar di 6 kecamatan, yaitu 53.194,50 hektar.

Terkait hal ini, Bupati Bangka Tengah, Algafry Rahman, S.T., menghadiri acara temu teknis pekebun, yang diselenggarakan oleh Dinas Pertanian Kabupaten Bangka Tengah, Kamis (30/09/2021) di Gedung Serba Guna Selawang Segantang Bangka Tengah.

“Pembangunan perkebunan diharapkan pada sistem agribisnis yang berdaya saing, berkeadilan dan berkelanjutan. Dalam upaya membangun sistem ini, kita menghadapi sejumlah tantangan yang kompleks, salah satunya adalah tingkat produktivitas dan mutu hasil perkebunan yang masih belum optimal, yang berakibat pada nilai tambah komoditas perkebunan yang masih rendah,” jelas Algafry.

Ia menambahkan, kurang memadainya infrastuktur juga berpengaruh pada efisiensi distribusi dan pemasaran produk perkebunan. Ditambah lagi dengan kondisi pandemi yang menyebabkan perlunya usaha lebih, dalam pengembangan komoditas perkebunan.

Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah, kata Algafry, terus berupaya dalam rangka pengembangan komoditas perkebunan, melalui program dan kegiatan yang dilaksanakan yang berfokus pada komoditi unggulan, diantaranya lada, kelapa sawit, karet dan kopi.

Pembangunan sarana dan prasarana serta pengawasan penggunaannya, dengan cara memberikan bantuan berupa saprodi perkebunan, mulai dari benih bermutu, pupuk, mesin pertanian, serta alat dan bahan pertanian lainnya.

“Bangka Tengah berupaya meningkatkan mutu sumber daya manusia subsektor perkebunan, melalui kegiatan sekolah lapang good agricultural practice, penerapan pengendalian hama terpadu, dan penyuluhan di bidang perkebunan.

Disamping itu juga, kegiatan peremajaan komoditas perkebunan, khususnya kelapa sawit dilaksanakan melalui dana BPDPKS (Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit), demi meningkatkan produktivitas kelapa sawit masyarakat,” kata Algafry seraya  mengajak pekebun beserta stakeholder sub-sektor perkebunan Kabupaten Bangka Tengah untuk bersama-sama membangun komoditas perkebunan yang unggul.

 

Editor : Muri Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut