get app
inews
Aa Read Next : Dihadapan Wamendag Jerry Sambuaga, Perusahaan Sawit di Beltim Siap Beli TBS Petani

Keran Ekspor Kembali Dibuka, Harga Sawit Mulai Beranjak Naik

Senin, 23 Mei 2022 | 19:53 WIB
header img
Buah sawit yang ada di salah satu perkebunan di Kecamatan Muntok, Kabupaten Bangka Barat. (Foto: lintasbabel.id/ Rizki Ramadhani)

PANGKALPINANG, lintasbabel.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) hari ini, Senin (23/5/2022) resmi membuka kembali keran ekspor Crude Palm Oil (CPO) yang beberapa waktu lalu sempat dilarang akibat kelangkaan minyak goreng di berbagai daerah di Indonesia.

Dampak dari dibukanya keran ekspor ini, harga buah sawit di sejumlah daerah di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), berangsur-angsur mengalami kenaikan.

"Harga TBS sawit pada hari ini mulai naik di tingkat petani, semula saat keran ekspor CPO ditutup harga Rp 1.700 per kg. Pada hari ini naik menjadi Rp 1.790 per kg hingga Rp 1.800 per kg. Ini kemungkinan akan naik terus setiap harinya," kata petani sawit asal Desa Jejiri, Kabupaten Bangka Selatan, Yanto, Senin (23/5/2022).

Menurutnya, dengan dibukanya keran ekspor, masyarakat menyambut dengan antusias dan berharap harga kembali mengalami kenaikan.

"Saya sebagai petani dan beberapa teman lainya sesama petani, menyambut antusias, senang dengan dibukanya keran ekspor CPO oleh pemerintah ini. Karena harga TBS akan naik lagi, semoga saja bisa kembali normal dan mencapai Rp4.000 per kilogramnya," harapnya. 

Editor : Muri Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut