get app
inews
Aa Read Next : Pemerintah Tetapkan Idul Fitri 1443 H, Jatuh Pada Hari Senin 2 Mei 2022

Sepanjang Ramadan dan Idul Fitri 1443H, Transaksi E-Commerce Tumbuh 38,43 Persen

Selasa, 10 Mei 2022 | 18:01 WIB
header img
Ilustrasi e-commerce

JAKARTA, lintasbabel.id - Indonesian E-Commerce Association (idEA) mencatat, total nilai transaksi melalui platform e-commerce di sepanjang momen Ramadan dan Lebaran Idul Fitri 1443H tumbuh sebesar 38,43 persen dibanding momen Ramadan dan Lebaran tahun lalu.

"Secara daya beli masyarakat umum cenderung konsumtif dan keinginan yang meningkat pada saat momen Ramadan dan Lebaran," ujar Head of Public Policy & Government Relations idEA, Rofi Uddarojat, dalam Market Riview IDXChannel, Selasa (10/5/2022).

Salah satu faktor yang mendorong kenaikan nilai transaksi di e-commerce adalah adanya Tunjangan Hari Raya (THR) pada momen Lebaran. Menurutnya, kenaikan nilai transaksi di e-commerce terjadi karena banyaknya  campaign dan promo yang dilakukan para pelaku usaha di platform e-commerce.

"Mereka menopang dengan berbagai macam campaign dan promo, yang saya kira itu mendorong e-commerce naik dalam Lebaran tahun 2022," katanya.

Sementara itu, Bank Indonesia (BI) optimistis total nilai transaksi e-commerce hingga akhir tahun ini akan naik 31,1 persen secara year on year menjadi Rp526 trilun. Sementara dari sisi volume penjualan e-commerce diperkirakan meningkat 58,1 persen year on year menjadi 4.539 juta.

 

Editor : Muri Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut