Logo Network
Network

Razia di Hutan Mangrove Belo Laut, Polisi Amankan 13 Mesin Tambang Timah

Rizki Ramadhani
.
Kamis, 23 September 2021 | 16:22 WIB
Razia di Hutan Mangrove Belo Laut, Polisi Amankan 13 Mesin Tambang Timah
Sejumlah mesin tambang yang berhasil diamankan polisi di kawasan Hutan Mangrove, Dusun III, Desa Belo Laut, Kecamatan Muntok, Kabupaten Bangka Barat, Kamis (23/9/2021). (Foto: lintasbabel.id / Rizki Ramadhani)

BANGKA BARAT, lintasbabel.id - Anggota Polres Bangka Barat kembali melakukan razia tambang timah ilegal, di kawasan Hutan Mangrove, Dusun III, Desa Belo Laut, Kecamatan Muntok, Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Kamis (23/9/2021). 

Dari razia tersebut, aparat yang terdiri dari Satreskrim, Satintelkam, dan Samapta Polres Bangka Barat, berhasil mengamankan sebanyak 13 unit mesin tambang timah di lokasi pertambangan. 

"Siang ini, tim gabungan polres Bangka Barat melakukan penertiban tambang ilegal di kawasan lindung mangrove, yang mana saat penertiban kegiatan pertambangan sedang berjalan, kami amankan 13 mesin, untuk pelaku melarikan diri, masih kami selidiki untuk kepemilikan mesinnya," kata Kasat Reskrim Polres Bangka Barat, AKP Robby Setiadi Purba. 

 

Penambangan ilegal ini, kata Kasat, telah melanggar 2 undang-undang yang berkaitan dengan penambangan dan pengrusakan hutan. 

"Yang pasti dilanggar adalah UU nomor 18 tahun 2013, tentang pencegahan dan pemberantasan perusakan hutan. Dan UU no 3 tahun 2020 tentang perubahan atas UU 4 tahun 2009, tentang minerba," ujarnya. 

Polres Bangka Barat akan terus melakukan razia, dirinya mengimbau masyarakat untuk tidak kembali lagi menambang secara ilegal, di kawasan hutan lindung tersebut. 

 

"Kami akan tetap melakukan penertiban secara random (acak), karena sebelum dilakukan penertiban hari ini, kami tim gabungan sudah berulang kali melakukan tindakan preventif. Untuk mengimbau masyarakat, agar tidak melakukan penambangan di kawasan hutan tepatnya di Belo Laut," jelasnya. 

 

Editor : Muri Setiawan

Follow Berita iNews Lintasbabel di Google News

Bagikan Artikel Ini