get app
inews
Aa Read Next : Sukses Digelar, Festival Danau Pading II Rebut Atensi Ribuan Warga Desa Perlang

Masuk 50 Desa Wisata Terbaik Indonesia, Desa Perlang Akan Punya 2 Agenda Besar

Jum'at, 29 April 2022 | 18:54 WIB
header img
Danau Pading yang berada di desa Perlang. (Foto : lintasbabelid / Rachmat Kurniawan)

BANGKA TENGAH, lintasbabel.id - Desa Wisata Perlang di Kabupaten Bangka Tengah masuk dalam 50 besar desa wisata terbaik nasional mewakili Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) dalam ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022.

Diketahui ADWI 2022 diikuti oleh 3.419 desa wisata yang tersebar di seluruh penjuru Nusantara. Selama pelaksanaan penilaian, Desa Perlang yang berada di Kecamatan Lubuk Besar ini terus melangkah ke tahap selanjutnya mulai kurasi 500 besar, kurasi 300 besar, kurasi 100 besar dan terakhir kurasi 50 besar.

"Alhamdulillah Desa Wisata Perlang masuk ke dalam 50 wisata terbaik Indonesia mewakili Bangka Belitung. Tentunya ini merupakan suatu anugerah dan insyaallah setelah lebaran segala sesuatunya akan kita persiapkan sesuai arahan Bimtek hari ini," ujar Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) Kabupaten Bangka Tengah, Zainal pad Sabtu (29/04/2022). 

Ia pun merasa bersyukur, karena pihak Pemerintah Desa, Kabupaten, maupun Provinsi ikut mendukung dan pihaknya mengaku akan berjuang semaksimal mungkin dengan melibatkan masyarakat, OPD serta stakeholders terkait.

"Masyarakat ini memang harus kami libatkan dan akan kita lakukan berbagai pertemuan, sebab selain Pak Menteri yang akan datang berkunjung, jadi Desa Perlang juga akan menjadi tempat kegiatan Internasional Halal tingkat Nasional, sehingga ada 2 agenda besar yang akan jadi fokus kita," tuturnya.

Di tempat yang sama, atas raihan itu Ketua Pokdarwis Perlang Linau Mentari (Perlintar), Gunawan Susanto merasa bangga dan bersyukur atas capaian ini.

"Terima kasih atas support dan dukungan Pemerintah. Alhamdulillah Desa Wisata Perlang masuk 50 besar, mudah-mudahan ini menjadi awal kemajuan dan kesuksesan kita bersama," ujar Gunawan.

Ia mengatakan terdapat 5 destinasi yang pihaknya unggulkan, yakni Danau Pading, Gusung Perlang, Bukit Pading Air Terjun Sadap dan Wisata Rumah Adat.

Ditambahkan Sekretaris Pokdarwis Perlang Linau Mentari (Perlintar), Mutia menuturkan terdapat 7 (tujuh) aspek penilaian dalam penyelenggaraan ADWI 2022, yakni Daya Tarik Pengunjung, Homestay, Toilet Umum, Suvenir, Digital dan Kreatif, CHSE dan Kelembagaan.

"Tahun 2021 kemarin kita berkesempatan masuk 300 besar dan tahun 2022 ini masuk 50 besar, yang mana kami akan mengupayakan yang terbaik, semoga semuanya lancar dan sukses," imbuhnya. 

 

Editor : Muri Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut