get app
inews
Aa Read Next : HUT ke-77 Bhayangkara, 4.000 Pohon Ditanam di Lahan Eks Tambang Bangka Barat

Bentuk Gugus Tugas Reforma Agraria,  Babel Kelola Lahan  Eks Tambang

Selasa, 19 April 2022 | 15:22 WIB
header img
Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Erzaldi Rosman. (Foto: lintasbabel.id/ Irwan Setiawan)

PANGKALPINANG, lintasbabel.id - Penataan pertanahan pasca tambang, Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Erzaldi Rosman melakukan Rapat Koordonasi dengan Gugus Tugas Reforma Agraria Provinsi Bangka Belitung.

"Kami sedang menindaklanjuti, pertemuan kami dengan ATR/BPN, yang berhubungan dengan Reforma Agraria di Bangka Belitung, ini memiliki kekhususan kita,  menangani Reforma Agraria khususnya lahan-lahan pasca tambang," jelas Erzaldi Rosman, usai melakukan rapat koordinasi, Selasa (19/4/2022).

Orang nomor satu di Bangka Belitung itu menilai, perlunya koordinasi stakeholder terkait dalam mengelola lahan pasca tambang.

"Ini memang perlu koordinasi dan sinergi berbagai stakeholder, mengingat permasalahan yang timbul akibat lahan yang sudah ditambang, untuk dijadikan sebagai usaha lainnya ini perlu penanganan yang khusus, konsolidasi beberapa stakeholder, SDM, ATR/BPN sendiri, Dinas Lingkungan Hidup dan pemerintah pemerintahan lainnya," jelsanya.

Ia menambahkan bahwa kedepannya, lahan -lahan pasca tambang akan dimanfaat untuk sektor lain.

"Lahan-lahan yang sudah ditambang kita akan alihkan ke sektor lain, artinya kita mencoba gugus tugas yang kita bentuk ini. 

Khususnya menangani lahan -lahan eks tambang untuk kita upayakan diusahakan kembali kebidang lain," ujarnya.

"Misalnya yang sudah ditambang, walaupun ada timah di dalamnya, sementara menunggu timah itu dikelola, itu bisa dijadikan lahan perkebunan, seperti tambak udang," jelasnya.

 

Editor : Muri Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut