get app
inews
Aa Read Next : Partai Gerinda Buka Pendaftaran Bakal Calon Bupati Bangka Barat 2024

Alobi Foundation Lepaskan 4 Satwa Langka ke Tahura Menumbing

Sabtu, 04 September 2021 | 14:30 WIB
header img
Satwa jenis musang pandan saat dilepasliarkan ke Tahura Menumbing, Sabtu (4/9/21). (Foto: lintasbabel.id / Rizki Ramadhani)

BANGKA BARAT, lintasbabel.id - Animal Lovers Bangka Island (Alobi) Foundation, melepasliarkan satwa liar ke habitatnya, di Kawasan Taman Hutan Raya Menumbing, Sabtu (4/9/21). Satwa tersebut diantaranya dua ekor elang brontok dan dua ekor musang pandan.

Pelepasan satwa yang dilindungi tersebut, turut melibatkan tim Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sumatera Selatan dan Forkopimda Bangka Barat. 

"Hari ini kami ada pelepasan dua ekor musang pandan (paradoxurus hermaphroditus) dan dua ekor elang brontok

(spizaetus cirrhatus)," kata Ketua Yayasan PPS Alobi Bangka Belitung Foundation, Langka Sani. 

 

Menurutnya, sebelum dilepasliarkan ke alam bebas, satwa-satwa tersebut sudah menjalani rehabilitasi selama satu bulan di PPS Alobi di Air Jangkang, Kabupaten Bangka.

"Perawatan ini hanya selama kurang lebih satu bulan, karena kami sesuai dengan SOP satwa ini memang sudah dapat dilepasliarkan. Dan kami sudah menghabituasi selama beberapa hari disini dan memang sudah siap dilepasliarkan," ujarnya. 

Langka menuturkan, kedua jenis hewan itu merupakan asli dari Bangka Belitung yang keberadaannya di alam bebas nyaris punah.

"Musang ini asli dari Bangka Belitung, kalau elang ini juga dari Bangka Belitung, kemungkinan elang ini yang sebelumnya di Jakarta didapatkan dari penyelundupan," ucapnya. 

Sementara itu, Sekda Bangka Barat M. Soleh mengapresiasi kegiatan yang dilakukan oleh tim dari Alobi Bangka Belitung dan BKSDA Sumatera Selatan ini. 

"Kami mengapresiasi kegiatan ini, sebagai langkah untuk melindungi populasi dari satwa langka ini untuk terus tetap terjaga. Selain itu, jangan lupa untuk juga menjaga kelestarian hutan ini," katanya. 

 

Editor : Haryanto

Follow Berita iNews Lintasbabel di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut