get app
inews
Aa Read Next : 7 Provinsi di Indonesia Ini Nihil Kasus Covid-19

9 Anak di Bangka Tengah Menjadi Yatim Akibat Covid 19

Kamis, 02 September 2021 | 17:41 WIB
header img
Bupati Bangka Tengah, Algafry Rahman. (Foto : lintasbabel.id /Rachmat Kurniawan)

BANGKA TENGAH, lintasbabel.id - Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah saat ini mulai melakukan pendata anak-anak yang kehilangan orangtua akibat covid-19. Berdasarkan data Dinas sosial pemberdayaan masyarakat desa (Dinsos Pmd) Kabupaten Bangka Tengah, ada 9 anak di wilayahnya yang kehilangan orang tua akibat Covid-19, bahkan di antara mereka ada yang menjadi yatim piatu.

"Sampai hari ini kami masih terus melakukan pendataan untuk ini, dimana ada sembilan anak dari lima kepala keluarga di daerah kami yang tercatat orangtuanya meninggal karena terkonfirmasi positif Covid-19," ujar Risaldi pada Selasa (02/09/2021).

Risaldi mengatakan, pihaknya masih belum mengetahui jaminan apa saja yang diberikan kepada anak yatim piatu ini dan masih menunggu keputusan yang telah ditetapkan oleh pusat.

"Kita masih terus melakukan pendataan, untuk jaminan apa saja yang diberikan ini, termasuk jaminan pendidikan dan jaminan lainnya kami masih menunggu keputusannya," ujarnya.

Sementara itu, Bupati Bangka Tengah, Algafry Rahman mengatakan, pihaknya akan berupaya untuk membantu anak-anak yang orangtuanya meninggal karena covid-19.

"Data-data anak-anak ini akan kami minta ke Dinsos untuk kami berikan santunan, sedangkan untuk jaminannya apa saja saat ini masih dalam proses pengolahan angaran dan baru menyampaikan ke DPRD. Namun kita (Pemerintah daerah -red) terus berupaya untuk membantu jangan sampai mereka terlantarlah," ujar Algafry.

Kata Algafry, pihaknya pun selama pandemi rutin menyerahkan bantuan kepada warga yang terkonfirmasi covid-19, baik berupa sembako ataupun lainnya.

"Selama pandemi ini kami selalu menyerahkan bantuan untuk warga yang terkonfirmasi covid-19 ataupun yang terdampak Covid-19. Dan untuk yang yatim piatu ini kita pastikan datanya ke dinsos ada berapa, intinya kita turut membantu dalam hal ini sesuai dengan anggaran yang ada," tutur Algafry.

 

Editor : Muri Setiawan

Follow Berita iNews Lintasbabel di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut