get app
inews
Aa Read Next : 90 Persen Ekonomi Babel Ditopang Sektor UMKM

Perizinan Online, Jokowi Ingin Transparansi dan Memudahkan Pengusaha

Senin, 09 Agustus 2021 | 12:24 WIB
header img
Presiden Joko Widodo didampingi Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia dan Menteri Keuangan Sri Mulyani meninjau panel statistik harian sistem OSS berbasis risiko di kantor Kementerian Investasi, Jakarta, pada Senin, 9 Agustus 2021. (Foto: BPMI Setpres/Lukas).

JAKARTA, lintasbabel.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, sistem pelayanan perizinan berusaha terintegrasi secara elektronik atau Online Single Submission (OSS) berbasis risiko, semakin mempermudah pelayanan perizinan berusaha di Indonesia. Presiden sendiri mengaku telah mendengar banyak aspirasi, dari para pelaku usaha yang membutuhkan pelayanan yang cepat dan mudah.

“Saya sudah banyak mendengar aspirasi para pelaku usaha dari yang kecil, menengah sampai yang besar yang mereka sampaikan semuanya sama. Para pelaku usaha membutuhkan layanan yang mudah, yang cepat dan yang tidak berbelit-belit Jika ini terpenuhi maka saya yakin akan memberikan dampak yang signifikan bagi pergerakan ekonomi nasional maupun di daerah,” kata Presiden, Senin (9/8/2021).

Jokowi mengingatkan, bahwa dengan adanya OSS, jangan sampai terdengar kembali adanya kesulitan yang dihadapi oleh para pengusaha.

“Saya tidak mau lagi mendengar ada suap. Semua harus dilakukan secara terbuka, secara transparan dan memudahkan para pengusaha. Jika ada aparat pemerintah yang tidak bersih, yang mencoba-coba laporkan pada saya,” ujarnya.

Jokowi menegaskan bahwa reformasi layanan perizinan adalah untuk memberikan kemudahan bagi para pelaku usaha. Termasuk mendorong agar lebih banyak wirausaha baru.

“Mempercepat transformasi sektor informal menjadi sektor formal. Dan yang paling penting akan menciptakan lapangan kerja sebanyak-banyaknya,” kata Presiden.

 

Editor : Muri Setiawan

Follow Berita iNews Lintasbabel di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut