get app
inews
Aa Read Next : Dr Hinca Gelar Bedah Buku Save Babel di Bangka Tengah, Berisi 8 Rekomendasi untuk Prabowo-Gibran

Desa Perlang Siap Bekerjasama dengan Koltiva Guna Meningkatkan Kesejahteraan Petani

Jum'at, 27 September 2024 | 16:18 WIB
header img
Kepala Desa Perlang, Yani Basaroni. Foto: Lintasbabel.iNews.id/ Rachmat Kurniawan.

BANGKA TENGAH, Lintasbabel.iNews.id – Kepala Desa Perlang, Yani Basaroni, menyambut baik kedatangan Koltiva, yang bertujuan meningkatkan kesejahteraan petani karet di desanya. Koltiva sebagai implementator program yang ditunjuk oleh Southland, akan melakukan pemetaan petani swadaya karet berkelanjutan di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Irfan, perwakilan Koltiva, meminta izin untuk melakukan pendataan jumlah petani dan luas kebun karet di Desa Perlang pada awal Oktober 2024. Kegiatan ini mendukung petani dalam memenuhi persyaratan geolokasi sesuai dengan peraturan Europe Union Deforestation-free Regulation (EUDR).

Irfan menjelaskan bahwa pendataan akan berlangsung dari Februari hingga November 2024, mencakup pemetaan, survei, dan pengambilan data GPS. Harapannya, produk karet dari Desa Perlang dapat diterima di pasar Eropa di masa depan.

Yani Basaroni menekankan pentingnya pendataan ini untuk meningkatkan kepercayaan dunia terhadap karet yang dihasilkan petani Indonesia.

“Tadi kami juga mengusulkan agar Koltiva melibatkan dua warga desa dalam proses pendataan selama tiga bulan,” ujarnya pada Jumat (27/09/2024).

Editor : Muri Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut