get app
inews
Aa Read Next : Kembali Berulah, Residivis Curat Dibekuk Polisi

3 Kawanan Spesialis Bobol Rumah Kosong Ditangkap Tim Buser Naga, 2 Diantaranya Residivis

Jum'at, 20 September 2024 | 16:14 WIB
header img
3 kawanan spesialis bobol rumah ditangkap Tim Buser Naga Polresta Pangkalpinang. Foto: Istimewa.

PANGKALPINANG, Lintasbabel.iNews.id - Tiga kawanan spesialias pencurian rumah kosong di Kota Pangkalpinang berhasil diamankan Tim Buser Naga Satreskrim Polresta Pangkalpinang, Rabu (18/9/2024) malam.

Ketiga kawanan tersebut yakni FS alias Fajar (18) dan RJ alias Riki (18) warga Kerabut serta AR alias Unyil (18) warga Gabek Pangkalpinang.

Kabid Humas Polda Bangka Belitung, Kombes Pol Jojo Sutarjo mengatakan para kawanan ini diamankan usai melakukan pencurian di sebuah rumah di Kelurahan Jerambah Gantung pada bulan Agustus lalu.

"Ada 3 orang yang diamankan, 2 diantaranya yakni Fajar dan Unyil merupakan residivis," kata Jojo, Kamis (19/9/2024) malam.

Jojo menerangkan kronologis pengungkapan berawal dari adanya laporan masyarakat yang berhasil mengamankan pelaku Fajar usai mencuri tabung gas 3 kg dan tas berisikan uang Rp500 ribu. 

Mendapati informasi tersebut, Tim Buser Naga langsung menuju ke TKP dan mengamankan pelaku Fajar.

"Setelah diamankan, pelaku Fajar mengakui bahwa benar telah melakukan aksi pencurian bersama Riki dan Unyil. Setelah mendapati informasi dari Fajar, Tim kemudian juga berhasil mengamankan 2 pelaku lainnya," kata Jojo.

Untuk modus kawanan pencurian ini sendiri, dilakukan dengan cara mencari rumah kosong yang akan dijadikan sasaran pencurian. Setelah menemukan sasarannya, para kawanan pelaku ini langsung mendatangi rumah korban dengan menggunakan 1 unit sepeda motor.

Setibanya di lokasi, para kawanan pencurian langsung melancarkan aksinya dengan mencongkel jendela samping rumah korban menggunakan 1 bilah parang yang didapat di samping rumah korban.

"Dari keterangan yang didapatkan, yang masuk ke dalam rumah adalah pelaku Fajar, sedangkan Riki dan Unyil menunggu di luar rumah untuk memantau situasi," ucap Jojo.

"Untuk hasil curian yang berhasil diambil yakni uang tunai senilai Rp5.100.000 dari dompet korban serta 1 buah tas sandang warna hitam," ujarnya. 

Selain melakukan pencurian di rumah tersebut, para kawanan pelaku juga kerap melakukan pencurian di beberapa TKP yang berbeda diantaranya seputaran Kelurahan Gabek, Selindung dan Kerabut.

"Ketiga pelaku dan barang bukti kini sudah diamankan di Polresta Pangkalpinang guna dilakukan pemeriksaan lebih lanjut," kata Jojo.

Sementara itu, barang bukti yang diamankan dari tangan para pelaku antara lain 1 unit sepeda motor, 1 bilah parang, 3 unit Gerinda, 2 unit Bor, 1 buah tabung gas LPG 3 kg, 2 buah tas.

Editor : Muri Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut