get app
inews
Aa Read Next : Akhiri Kunjungan Kerja di Babel, Begini Kesan Wapres Ma'ruf Amin

Minta Kades Diberhentikan, Ratusan Warga Desa Bedengung Datangi Kantor Bupati Bangka Selatan

Sabtu, 07 September 2024 | 14:55 WIB
header img
Audiensi perwakilan ratusan warga Bedengung di Ruang Rapat Sekda Bangka Selatan. Foto: Lintasbabel.iNews.id/ Iriwadi.

BANGKA SELATAN, Lintasbabel.iNews.id - Pemkab Bangka Selatan (Basel) menerima aspirasi warga Desa Bedengung Kecamatan Payung Kabupaten Basel, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) yang mendatangi Kantor Bupati, Jumat (6/9/2024).

Kedatangan ratusan warga yang meminta Pemkab Basel memberhentikan Kepala Desa Bedengung tersebut, disambut PJ Sekda Basel, Haris Setiawan di Ruang Pertemuan Sekda bersama kapolres dan beberapa pejabat terkait lainnya di lingkungan Pemkab Basel.

Sekdes Desa Bedengung, Abu Bakar mengatakan, kedatangan dirinya bersama ratusan warga untuk meminta agar kepala desa mereka, segera diberhentikan lantaran banyaknya persoalan di desa yang membuat warga kecewa.

"Ada 300 lebih warga kami yang datang ke sini. Tujuannya adalah meminta agar Kepala Desa Bedengung segera diberhentikan, karena banyak pelanggaran yang telah dilakukan," katanya.

Menurut dirinya, berdasarkan hasil musyawarah desa (Musdes) yang diselenggarakan oleh Badan Permusyawaratan Desa (BPD), memutuskan Kades Bedengung Amrullah untuk diberhentikan.

"Hasil Musdesnya juga sudah memutuskan Kades Bedengung diberhentikan karena memang banyak permasalahan seperti yang kami sampaikan saat orasi dan audiensi tadi, makanya kami ke Kantor Bupati untuk meminta agar proses pemberhentiannya dipercepat," ucapnya.

Sementara itu, PJ Sekda Basel, Haris Setiawan mengatakan, Pemkab Basel telah menindaklanjuti laporan dari warga Bedengung terkait persoalan Kepala Desa Bedengung tersebut.

"Setelah dapat laporan, Pak Bupati langsung memerintahkan OPD terkait dan Inspektorat untuk menindaklanjutinya dengan cepat dan itu sudah dilakukan OPD terkait dan Inspektorat sesuai dengan tahapan dan mekanismenya," tuturnya.

Saat ini, kata dia, OPD terkait dan Inspektorat telah menyiapkan laporan resmi kepada Bupati Basel terkait hasil pemeriksaan yang telah mereka lakukan.

"Nanti Pak Bupati sendiri yang akan menyampaikan hasil pemeriksaan dari Inspektorat dan OPD terkait mengingat beliau saat ini masih mengikuti cek kesehatan calon pilkada, kami berharap masyarakat bersabar dan tetap jaga kondusifitas di Desa Bedengung," katanya.

Editor : Muri Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut