get app
inews
Aa Read Next : Partai Gerinda Buka Pendaftaran Bakal Calon Bupati Bangka Barat 2024

PPKM Level 4 Bangka Barat, Targetkan Testing Covid-19 305 Orang Sehari

Selasa, 03 Agustus 2021 | 14:47 WIB
header img
Juru bicara satgas penanganan Covid-19 Bangka Barat M. Putra Kusuma. (Foto: lintasbabel.id / Rizki Ramadhani).

BANGKA BARAT, lintasbabel.id - Tekan penyebaran Covid-19, angka testing 305 orang perhari terus diupayakan selama pemberlakuan PPKM Level 4 di Kabupaten Bangka Barat. Hal itu seusai dengan instruksi Mendagri Nomor 28 tahun 2021.

Juru bicara satgas penanganan Covid-19 Bangka Barat, M. Putra Kusuma mengatakan, pihaknya masih terus mengupayakan untuk memenuhi targer testing sesuai target.

"Untuk testing total 1.625 testing terbagi dari 1.266 antigen dan 532 dari PCR, untuk data 26 Juli hingga 1 Agustus kemarin. Ada beberapa faskes yang belum lapor, jadi mungkin angka di atas itu. Harapan kalau 305 per hari itu bisa 2.200 perminggu dan idealnya 2.100 ke atas," ujar M. Putra Kusuma, Selasa (3/8/2021). 

Selain itu untuk meningkatkan jumlah testing, pihaknya mengaku sudah melakukan rapat dengan camat untuk mendukung upaya testing. 

"Kesepakatan ada dua hal untuk menaikkan kapasitas yaitu dari kasus kontak erat, terkonfirmasi lalu kontak erat di tracking lalu kami testing. Lalu strategi kedua adalah screning massal, seperti operasi yustisi target satu wilayah faskes paling tidak ada 50 testing. Ini tidak termasuk swasta karena kami mencoba untuk memaksimalkan faskes pemerintah. Karena baselinenya kontak erat terkonfirmasi, misal faskes swasta lapor nanti puskesmas yang follow up," ujarnya.

Sementara itu untuk menekan kasus Covid-19, Putra berharap peran serta masyarakat dalam mendukung upaya yang dilakukan pemerintah dalam memutuskan rantai penyebaran Covid-19. 

"Yang sekarang dibutuhkan adalah kepatuhan dari masyarakat, lalu tidak ada yang menolak untuk di tracing dan di swab. Kita harus memenuhi indikator PPKM level 4 di kapasitas respon, testing minimal kita 305 orang lalu 15 orang di tracking," ucapnya. 

 

Editor : Haryanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut