get app
inews
Aa Read Next : Berpotensi Rusak Jalan Bencah-Tepus, Tambang Timah Liar Akhirnya Ditertibkan Polisi

Empek-Empek Sultan Toboali, Inovasi Kuliner Berbahan Ikan Tenggiri Segar 

Selasa, 22 Februari 2022 | 22:31 WIB
header img
Varian Empek-empek Sultan Toboali, Kabupaten Bangka Selatan. (Foto: lintasbabel.id/ Wiwin Suseno)

BANGKA SELATAN, lintasbabel.id - Kota Toboali Kabupaten Bangka Selatan, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) merupakan salah satu daerah yang kaya dengan makanan olahan berbahan ikan.

Tak heran, para pelaku usaha di Kota penghasil Terasi itu terus berinovasi, membuat makanan olahan berbahan ikan, salah satunya Empek-empek Sultan.

Empek-empek berbahan ikan tenggiri segar ini, dapat Anda nikmati di outlet Empek-empek Sultan milik Ibu Leni, yang berlokasi di Jalan Teladan Toboali Bangka Selatan.

Outlet empek-empek yang baru diresmikan oleh Bupati Bangka Selatan, Riza Herdavid bersama Wakil Bupati, Debby Vita Dewi pada Selasa (22/02/2022) ini, menyajikan berbagai varian empek-empek dengan beberapa keunggulan, seperti Empek-empek Kapal Selam, Tekwan Tenggiri menggunakan kuah kaldu udang, beragam Empek-empek Mini dan Otak-otak Daun Pisang menggunakan kuah berbahan terasi khas Toboali.

Keunggulan dari Empek-empek Sultan ini antara lain menggunakan bahan Ikan Tenggiri segar, dengan komposisi ikan yang lebih banyak dari sagu, sehingga membuat beragam varian empek-empek terasa lebih enak dinikmati.

Kuahnya yang kental dengan bumbu khusus, akan memanjakan lidah pencinta kuliner saat menikmati empek-empek satu ini.

Tak hanya itu, meskipun dinamakan Empek-empek Sultan, harga berbagai varian empek-empek diini cukup terjangkau, berkisar antara Rp3 Ribu hingga Rp14 Ribu per porsinya.

Tak heran, meskipun baru diresmikan, empek-empek dengan cita rasa yang sangat nikmat ini, mulai diminati pencinta kuliner.

Bupati Bangka Selatan, Riza Herdavid yang turut mencoba beberapa varian Empek-empek Sultan, mengakui enaknya empek-empek yang dibuat oleh Ibu Leni tersebut.

"Rasanya sangat enak, tak kalah dengan kuliner sejenis dari daerah lainnya yang sudah ternama. Saya yakin Empek-empek Sultan ini mampu bersaing dengan kuliner lainnya," katanya, Selasa (22/02/2022).

Bupati mengajak pelaku usaha di Bangka Selatan untuk terus berinovasi, membuat beragam kuliner khas daerah agar mampu bersaing dengan kuliner dari daerah lainnya.

Senada dikatakan Wakil Bupati, Debby Vita Dewi. Menurut Debby, Empek-empek Sultan yang sempat ia cicipi tersebut layak untuk direkomendasikan kepada pecinta kuliner.

"Saya yakin kalau sudah mencoba pasti mengakui enaknya Empek-empek Sultan ini, dan cocok juga untuk dijadikan oleh-oleh saat berkunjung ke Toboali," ucapnya.

Sementara itu, Leni, Owner Empek-empek Sultan mengatakan, outlet tersebut ia beri nama Empek-empek Sultan lantaran terinspirasi dari nama putra ketiganya yaitu Muhammad Sultan Attaul Rahman.

"Saat saya hamil, saya terpikir untuk membuat empek-empek yang enak, hingga akhirnya saya berhasil mewujudkannya dengan membuka outlet Empek-empek Sultan ini, dan saya akan memperlakukan pelanggan dari kalangan manapun seperti Sultan," ucapnya.

Outlet empek-empek ibu tiga anak ini, juga melayani penjualan ke luar daerah, karena sudah dilengkapi dengan mesin packaging modern.

"Kalau di perjalanan, Empek-empek Sultan ini bisa tahan hingga 3 hari, tapi harus dalam kondisi beku. Kalau disimpan dalam freezer bisa lebih dari satu bulan, dengan catatan suhunya stabil. Kami juga menjamin kebersihan dan kehalalan semua varian Empek-empek Sultan ini," ucapnya.

 

Editor : Muri Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut