get app
inews
Aa Read Next : Pengabdian Jurusan Hukum UBB Sosialisasikan Perlindungan Ikan Endemik Desa Tugang

Analisis Risiko Kejahatan Siber dalam Ekosistem E-Commerce: Tantangan dan Solusi

Selasa, 04 Juni 2024 | 23:05 WIB
header img
Muhamad Afrizal, Mahasiswa Prodi Bisnis Digital UBB. Foto: Dok. Pribadi.

Solusi untuk Mengatasi Kejahatan Siber dalam E-Commerce 

1. Peningkatan Keamanan Data.

Perusahaan e-commerce harus mengimplementasikan langkah-langkah keamanan yang ketat, seperti enkripsi data, penggunaan autentikasi multi-faktor, dan pemantauan aktif terhadap aktivitas mencurigakan. Investasi dalam teknologi keamanan canggih dapat membantu melindungi data pelanggan dari ancaman siber. Selain itu, perusahaan harus memastikan bahwa data pelanggan disimpan dengan aman dan hanya diakses oleh pihak yang berwenang.

2. Edukasi Pengguna.

Mengedukasi pengguna tentang risiko keamanan dan cara melindungi diri mereka sendiri adalah langkah penting. Kampanye kesadaran keamanan siber dapat membantu pengguna mengenali serangan phishing dan menghindari tautan atau unduhan berbahaya. Dengan pemahaman yang lebih baik tentang ancaman yang ada, pengguna dapat lebih waspada dan mengurangi risiko menjadi korban kejahatan siber.

3. Pembaruan dan Pemeliharaan Sistem.

Memastikan bahwa semua perangkat lunak dan sistem diperbarui secara rutin adalah kunci untuk mengurangi risiko serangan. Pembaruan keamanan dan penambalan kerentanan harus menjadi prioritas utama bagi perusahaan e-commerce. Sistem yang up-to-date dan terlindungi dengan baik akan lebih sulit untuk ditembus oleh penjahat siber.

Editor : Muri Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut