get app
inews
Aa Read Next : Kemensos Salurkan Bantuan Senilai Rp50 Juta ke Pegiat Seni di Bangka

Seniman Dambus Milenial Ditawari Beasiswa Oleh Gubernur

Jum'at, 30 Juli 2021 | 17:59 WIB
header img
Gubernur Kepulauan Babel, Erzaldi Rosman berswa foto bersama Andika Pratama, seniman Dambus milenial asal kota Koba Kabupaten Bangka Tengah. Foto: Humas Pemprov.

BANGKA TENGAH. lintasbabel.id - Pertemuan Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Erzaldi Rosman dengan Andika Pratama (18) pemuda asal Arung Dalam, Kecamatan Koba, Kabupaten Bangka Tengah, saat kunjungannya di UPT Penangkaran Penyu Guntung, Kamis (29/7/2021) memberikan sebuah kisah inspiratif. 

Andika panggilan akrabnya, adalah seorang pemain Dambus Sanggar Seni Ketakung Merah, Bangka Tengah. Darah seninya mengalir dari sang ayah yang juga merupakan pimpinan sanggar seni dambus tersebut. 

Gubernur Erzaldi sudah lama dapat melihat bakat seni Andika, sejak dirinya menjabat sebagai Wakil Bupati Bangka Tengah saat itu. Bahkan kala itu, Erzaldi sering mengundang Andika untuk mengisi hiburan di berbagai acara penting pemerintah daerah. 

Dihadapan gubernur, Andika mengatakan dirinya sudah menamatkan sekolah tingkat SLTA. Namun, karena keterbatasan biaya, dirinya urung kuliah. Mendengar hal itu, Gubernur Erzaldi langsung menawarkan program beasiswa kepada Andika.

"Ikak mau kuliah jurusan apa? Ekonomi, Hukum, Komputer, IT? Atau apa, nanti ikut beasiswa," tanya gubernur. 

Andika dengan polos sambil tersenyum menjawab bahwa ia ingin kuliah seni. Mendengar jawaban Andika, Gubernur tertawa karena memang Andika tidak bisa lepas dari jiwa seni. 

Andika ditawarkan masuk ke salah satu Universitas Negeri di Jakarta untuk mengambil jurusan Kesenian, dan diminta untuk segera menghubungi Dinas Pendidikan Babel. 

"Saya senang Andika mempunyai semangat dan kemauan untuk belajar seni. Dia dapat menjadi contoh bagi generasi muda lainnya untuk mencintai dan melestarikan seni dan budaya Bangka Belitung," ujar Erzaldi.

Sementara itu, ayah Andika, Supri merasa senang atas perhatian gubernur. Menurutnya, gubernur memang peduli akan pendidikan anak-anak di negeri ini. Bangka Belitung ini.

 

Editor : Muri Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut