get app
inews
Aa Read Next : Catat! Pelabuhan Tanjung Kalian Terapkan Tiket Online Mulai 3 November 2023

Penumpang ke Babel yang Belum Divaksin Akan Dipulangkan

Jum'at, 30 Juli 2021 | 17:31 WIB
header img
Rapat Koordinasi Gubernur Babel bersama Forkopimda Babel, Bupati Bangka Barat Sukirman, Wakil Bupati Bong Ming Ming beserta pengelola pelabuhan, di Pelabuhan Tanjung Kalian Muntok, Kabupaten Bangka Barat, Jumat (30/7/2021). Foto: Humas Pemprov.

BANGKA BARAT, lintasbabel.id - Semua penumpang yang akan masuk ke Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) melalui pelabuhan Tanjung Kalian Muntok, diwajibkan menunjukkan kartu atau sertifikat vaksinasi Covid 19. Mereka yang tidak dapat menunjukkan sertifikat vaksin, langsung dipulangkan saat itu juga.

Hal itu diungkapkan Gubernur Kepulauan Babel, Erzaldi Rosman dalam rapat Koordinasi bersama Forkopimda Babel, Bupati Bangka Barat Sukirman, Wakil Bupati Bong Ming Ming beserta pengelola pelabuhan, usai melaksanakan peninjauan pelaksanaan vaksinasi bagi masyarakat di Pelabuhan Tanjung Kalian Muntok, Kabupaten Bangka Barat, Jumat (30/7/2021). 

Agar aturan ini berjalan dengan semestinya, Satgas Covid-19 dan pihak pengelola pelabuhan akan melakukan pengecekan setiap penumpang yang masuk pelabuhan. 

"Setiap penumpang yang ada di kapal harus sudah melakukan vaksinasi Covid-19, apabila kedapatan belum divaksin akan dipulangkan dengan kapal yang sama," ujar Gubernur. 

Pengelola kapal dan pelabuhan, diharapkan membuat sosialisasi berupa spanduk maupun pemberitahuan kepada seluruh penumpang. 

Erzaldi akan berkoordinasi dengan Gubernur Sumatera Selatan, Herman Deru terkait hal ini, mengingat kapal yang masuk di Pelabuhan Tanjung Kalian sebagian besar berasal dari Pelabuhan di Tanjung Siapi Api Palembang. 

Dengan sosialisasi yang jelas, diharapkan para masyarakat yang memang belum melaksanakan vaksinasi untuk segera melaksanakannya sebagai upaya pencegahan Covid-19. 

Gubernur menjelaskan, dalam pengelolaan operasional kapal dan pelabuhan, tak hanya sudah melakukan vaksiniasi, akan tetapi para penumpang juga harus tetap melaksanakan tes pemeriksaan Covid-19, mematuhi protokol kesehatan serta mematuhi ketentuan dalam penerapan PPKM. 

"Hal ini juga berlaku bagi penumpang Bangka Belitung yang akan melakukan perjalanan ke luar daerah," kata Gubernur. 

Sebelumnya, Gubernur dan rombongan meninjau vaksinasi yang dilaksanakan di pelataran terbuka Pelabuhan Tanjung Kalian Muntok. 

Dibantu TNI/Polri, Pemprov Babel juga terus melakukan percepatan vaksinasi. Terkait alokasi vaksin untuk Babel, kata Gubernur, pihaknya sudah mendesak pihak Kementerian Kesehatan RI untuk segera  melakukan percepatan pengiriman vaksin untuk Provinsi Babel. 

"Saya yakin dengan semangat masyarakat ingin divaksin dan terus melaksanakan protokol kesehatan termasuk di Bangka Barat, penyebaran covid di daerah ini akan semakin landai, dan tentunya level PPKM juga akan semakin turun, sehingga perekonomian masyarakat kembali pulih," katanya. 

 

Editor : Muri Setiawan

Follow Berita iNews Lintasbabel di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut