get app
inews
Aa Read Next : Partai Gerinda Buka Pendaftaran Bakal Calon Bupati Bangka Barat 2024

Lahan Eks Tambang Timah di Hutan Lindung Jebu Muntok Ditanami 1.000 Pohon Jambu Mete dan Kayu Putih

Jum'at, 28 Januari 2022 | 14:39 WIB
header img
Penanaman 1.000 bibit pohon di lahan bekas tambang timah Hutan Lindung Jebu Muntok, Jumat (28/1/2022). (Foto: lintasbabel.id / Rizki Ramadhani)

BANGKA BARAT, lintasbabel.id - Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Bangka Barat (Babar) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), melakukan penanaman 1.000 bibit pohon di lahan bekas tambang timah di Hutan Lindung Jebu, Kecamatan Muntok, Kabupaten Bangka Barat, Jumat (28/1/2022). 

Untuk perawatan 1.000 bibit pohon di lahan seluas 5 hektare tersebut, forkopimda Kabupaten Bangka Barat bekerjasama dengan gabungan kelompok tani (Gapoktan) setempat. 

"Ada 800 pohon Jambu Mete, dan 200 pohon Kayu Putih. Ini bekerjasama dengan Gapoktan, ini nantinya dirawat bersama-sama mereka, dan hasilnya nanti untuk mereka juga," kata Kapolres Bangka Barat, AKBP Agus Siswanto. 

Kegiatan ini, diharapkan mengembalikan lahan yang telah tandus dan rusak, sehingga menjadi hijau dan produktif kembali. 

"Ini lahan seluas lima hektare, ini kerusakan yang diakibatkan kegiatan (tambang timah) ilegal. Sehingga ini kami tanami dulu supaya hutan tidak gundul, jangan sampai dirusak kembali," ujarnya. 

Sementara, Wakil Bupati Bangka Barat, Bong Ming Ming kedepan berencana akan melaksanakan gerakan penanaman satu orang satu pohon di Hutan Bukit Menumbing. 

"Semangat ini harus kita dukung bersama-sama, Insya Allah kedepan kami melakukan gerakan satu orang satu pohon untuk Menumbing. Yaitu melibatkan seluruh masyarakat Bangka Barat, lembaga swadaya masyarakat, tokoh-tokoh masyarakat untuk menyumbang satu orang satu pohon untuk Menumbing," ucap Bong Ming Ming. 

 

Editor : Muri Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut