get app
inews
Aa Read Next : Partai Gerinda Buka Pendaftaran Bakal Calon Bupati Bangka Barat 2024

Sambut Imlek, Pengurus Kelenteng Kong Fuk Miau Muntok Lakukan Persiapan

Kamis, 27 Januari 2022 | 11:04 WIB
header img
Pengurus Kelenteng Kong Fuk Miau Muntok saat membersihkan peralatan ibadah, Kamis (27/1/2022). (Foto: lintasbabel.id / Rizki Ramadhani).

BANGKA BARAT, lintasbabel.id - Pengurus Kelenteng Kong Fuk Miau Muntok, Kabupaten Bangka Barat melakukan sejumlah persiapan dalam menyambut perayaan Imlek 2573 Kongzili yang jatuh pada Selasa 1 Februari 2022 mendatang. Umat Konghucu di sana mulai membersihkan peralatan ibadah, area bangunan kelenteng, hingga mempersiapkan peralatan protokol kesehatan Covid-19. 

Pengurus Kelenteng Kong Fuk Miau Muntok, Paularita menyampaikan, puncak peringatan Imlek akan dilakukan pada pukul 00.00 dengan melakukan ibadah sembayang bersama. 

"Iya, nanti ada sembayang bersama, untuk sekarang kami mulai membersihkan bangunan hingga meja altar. Hal ini karena menurut tradisi Imlek di tanggal 23 kalender Imlek, penghuni yang ada di altar kelenteng sudah diungsikan. Jadi ini harus selesai, sebelum Imlek yang di kalender kita jatuh 1 Februari," kata Paularita, Kamis (27/1/2022). 

Dalam kondisi perayaan Imlek 2022 yang masih dalam suasana pandemi Covid-19, pihaknya memastikan akan menerapkan protokol kesehatan yang dianjurkan pemerintah. 

"Untuk Covid-19 acara adat penyambutan Imlek tidak bisa kita tiadakan, tetap kami lakukan dengan catatan menurut protokol kesehatan. Namun tradisi kesenian seperti Barongsai tidak ada (tidak digelar), hanya kembang api itupun hanya secara simbolis, tidak sebesar biasanya sebelum pandemi," tuturnya. 

Sementara, Kelenteng yang telah dibangun sejak tahun 1820 ini, akan membagikan sejumlah bantuan kepada orang yang membutuhkan. 

"Untuk bantuan akan disalurkan untuk membantu seperti ke keluarga pra sejahtera, lansia dan anak yatim piatu. Ada bantuan seperti dari Ikatan Keluarga Bangka (Ikaba) sebanyak 125 paket berisi beras, gula, minyak, gandum, teh dan mie instan," ujarnya. 

Editor : Haryanto

Follow Berita iNews Lintasbabel di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut