get app
inews
Aa Read Next : Akhiri Kunjungan Kerja di Babel, Begini Kesan Wapres Ma'ruf Amin

6 Pasang Pengantin di Desa Serdang Ikuti Event Budaya Kawin Heredek

Senin, 30 Oktober 2023 | 07:00 WIB
header img
6 pasangan pengantin mengikuti acara adat Nikah Heredek di Desa Serdang, Bangka Selatan. Foto: Lintasbabel.iNews.id/ Wiwin Suseno.

BANGKA SELATAN, Lintasbabel.iNews.id - Sebanyak enam pasang pengantin di Desa Serdang Kecamatan Toboali Kabupaten Bangka Selatan mengikuti Event Budaya Kawin Heredek (Nikah Massal), Minggu (29/10/2023).

Tak hanya duduk di pelaminan sembari mengikuti Ritual Kawin Heredek oleh tokoh adat setempat, keenam pasang pengantin tersebut juga diarak keliling kampung bersama Telok Serujo sambil dilempari beras kunyit yang sudah didoakan.

Kepala Desa Serdang Apendi mengatakan, tradisi nikah massal tersebut merupakan event kebudayaan yang rutin diadakan setiap tahun di desanya.

"Tradisi Kawin Heredek ini merupakan event budaya rutin digelar setiap tahun sejak turun temurun di desa kami. Untuk tahun ini ada enam pasang pengantin yang ikut kegiatan ini," katanya.

Sementara itu, Bupati Bangka Selatan Riza Herdavid mengatakan, Pemkab Bangka Selatan akan terus mendorong warga desa tersebut untuk terus melestarikan tradisi Kawin Heredek tersebut.

"Pemkab Bangka Selatan akan terus mendukung tradisi ini menjadi salah satu event kabupaten apalagi sudah ditetapkan sebagai warisan budaya tak benda," katanya.

 

Editor : Muri Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut