get app
inews
Aa Read Next : Tradisi Ruah Kubur Desa Keretak dan Keretak Atas

Unik! Tradisi Selamatan Kampung ala Warga Desa Tanjung Binga Belitung

Jum'at, 29 September 2023 | 18:35 WIB
header img
Tradisi adat Selamatan Kampung yang tetap dilestarikan oleh warga Desa Tanjung Binga Kabupaten Belitung. Foto: Istimewa.

BELITUNG, Lintasbabel.iNews.id - Adat istiadat merupakan suatu hal yang harus dilestarikan dan dibudidayakan oleh masyarakat sekitar, pada kampung yang ditinggali dan sudah turun temurun diwariskan nenek moyang kepada para keturunannya.

Berbagai macam adat istiadat yang unik dan lucu bisa kita lihat sendiri, seperti acara selamatan kampung, tradisi adat istiadat yang turun temurun yang terjadi di Desa Tanjung Binga Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel). Desa ini juga sangat popular sebagai desa nelayan.

Kepala Dusun Timur Jaya, Desa Tanjung Binga, Irwansyah mengatakan, bahwa acara selamatan kampung dilaksanakan dua kali dalam setahun, yakni pada bulan Maret dan September.

“Harusnya tanggal 30 September dilaksanakan, tapi karena malam Minggu mau Maulid Nabi, jadinya dipercepat,” ujarnya, Kamis (28/9/2023).

Acara tersebut dihadiri oleh seluruh instansi yang ada di kampung, mulai dari perangkat RT, RW hingga Kepada Desa beserta Ketua Dukun seluruh Belitung dan Ketua Dukun Tanjung Binga.

“Acara kedua lebih besar dari acara pertama, karena acara pertama khusus ritual-ritual kecil yang dilakukan oleh Ketua Dukun. Acara puncaknya berada di acara kedua yang dilaksanakan hari ini,” tuturnya.

Editor : Muri Setiawan

Follow Berita iNews Lintasbabel di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut