get app
inews
Aa Read Next : FJN 2024 Sukses Digelar, Band Tipe-X Bius Puluhan Ribu Penonton

Bangka Barat Siaga Darurat Karhutla dan Kekeringan

Jum'at, 15 September 2023 | 16:38 WIB
header img
Kebakaran hutan di Kabupaten Bangka Barat. Foto: Lintasbabel.iNews.id/ Rizki Ramadhani.

BANGKA BARAT, Lintasbabel.iNews.id - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangka Barat (Babar), Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) menetapkan status bencana Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) dan kekeringan menjadi siaga darurat. 

Status siaga darurat ditetapkan karena banyaknya rentetan kasus karhutla dan kekeringan yang terjadi di wilayah itu. 

"Berdasarkan data yang kami miliki dan dari Satpol PP dan Damkar, hasil rapat kemarin, kami bersepakat menaikan status karhutla dan kekeringan di Babar menjadi siaga darurat," kata Achmad Nursyandi (15/9/2023). 

Achmad Nursyandi menambahkan, dalam sepekan ini ilah terjadi karhutla rata-rata tiga kali setiap harinya. Kasus karhutla tersebut tentunya mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Begitu pula dengan bencana kekeringan. 

"Berdasarkan data kekeringan, seluruh kecamatan di Babar mulai mengalami kesulitan air. Jadi kita sudah mengambil beberapa langkah, pertama akan membentuk satgas karhutla, lebih intens memberikan imbauan kepada masyarakat tidak boleh membuka lahan dengan cara dibakar," katanya. 

Kemudian, pihaknya juga akan bekerjasama dengan dinas Pertanian Babar untuk memberikan kiat-kiat bagaimana masyarakat tetap bisa beraktivitas di bidang perkebunan tanpa adanya efek polusi udara. Serta mengajak masyarakat untuk siagakan alat-alat memadamkan api. 

"Jadi nanti kita ajak seluruh komponen di masyarakat untuk menyiagakan alat-alat yang bisa digunakan untuk membantu memadamkan api apabila terjadi kebakaran di lahan dan hutan. Dari PDAM, kita juga akan kerja sama mereka harus mencari sumber air baku yang baru," katanya. 

 

Editor : Muri Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut