get app
inews
Aa Read Next : Jepang Dilanda Gempa Bumi Magnitudo 6,2 Bandara Narita Ikut Berguncang

Gempa Berkekuatan 6.0 Magnitudo Landa California

Jum'at, 09 Juli 2021 | 11:24 WIB
header img
Gempa bumi dengan magnitudo 6,0 di California, AS. Foto: USGS.

WASHINGTON, lintasbabel.id - California Tengah, Amerika Serikat diguncang gempa dengan magnitudo 6,2 pada Kamis (8/7/2021). Dilansir dari Reuters, Pusat Seismologi Eropa-Mediterania (EMSC) melaporkan, gempa memiliki kedalaman 10 kilometer. Sementara Survey Geologi AS (USGS) melaporkan, serangkaian gempa terjadi di California Utara dan Central Valley, di hari yang sama.  

Kantor Layanan Darurat Gubernur California, seperti dilansir dari Patch melaporkan, gempa dengan magnitudo 5,9 terjadi di Smith Valley pada 15.50 waktu setempat. Pusat gempa berada di dekat Markleeville di Alpine County. 

Tak lama berselang, terjadi gempa susulan sebanyak 10 kali dengan magnitudo berkisar 4,2 hingga 2,6 di California, tepatnya Dardanelle (Tuolumne County), Walker dan Coleville (Mono County) dan Markleeville (Alpine County).  

Selain itu, gempa berkekuatan 4,8 juga terjadi di sekitar jam yang sama. Pusat gempa di dekat Farmington, San Joaquin County. Namun USGS selanjutnya menghapus laporan gempa ini dari daftarnya.  

Kantor Layanan Darurat Gubernur California melaporkan hingga saat ini belum ada laporan adanya kerusakan dan korban jiwa akibat gempa ini.  

Menurut Otoritas Gempa California, risiko gempa bumi ini disebabkan oleh tiga garis patahan. Ketiganya yakni Cleveland Hills, Sesar Sierra Nevada dan patahan San Joaquin. 

"Itu mengguncang kami dengan baik," Sue Wood, seorang pelayan yang menyajikan sepiring hamburger kepada pelanggan di sebuah toko umum di Smith Valley, Nevada, dekat pusat gempa, dikutip oleh San Francisco Chronicle menceritakan beberapa menit sesudahnya.

Suara retakan keras terdengar saat lantai berguling, dan kemudian barang dagangan di rak-rak toko berguncang selama sekitar 20 detik, Wood mengatakan kepada surat kabar itu, menyebut insiden itu "menakutkan."

 

Editor : Muri Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut