get app
inews
Aa Read Next : Penghasilan Bulan Tertentu untuk Kepala Desa, BPD, dan Perangkat Desa se-Bangka Tengah Cair Hari Ini

120 Perangkat Desa se Kabupaten Bangka Ikut Bimtek Siskeudes Online

Kamis, 08 Juli 2021 | 21:56 WIB
header img
Bupati Bangka, Mulkan menyematkan tanpa peserta Bimtek Siskeudes. Foto: Istimewa.

BANGKA, lintasbabe.lid - Sebanyak 120 perangkat desa se-Kabupaten Bangka, mengikuti bimbingan teknis peningkatan kapasitas perangkat desa dalam pengelolaan keuangan desa berbasis aplikasi siskeudes online. Kegaitan yang digelar tiga hari tersebut dimulai hari ini, Kamis (8/7/2021). 

Menurut Bupati Bangka, Mulkan, bimtek tersebut bertujuan mendidik desa agar tertib administrasi keuangan, agar lebih tepat waktu. Sebab dengan sistem online akan lebih memudahkan laporan serta pengawasan.

"Di jaman revolusi industri 4.0 ini, semua kegiatan harus bisa dilakukan online. Karena dengan online ini memberi suatu percepatan terutama terhadap kegiatan-kegiatan serta pelaporan," kata Mulkan.

Dari 62 Desa di Kabupaten Bangka, ada tujuh desa yang belum memiliki akses internet. Setiap urusan data secara online di desa tersebut, dilakukan di kantor kecamatan.

"Dengan memanfaatkan online ini banyak manfaatnya terutama proses kompilasi jadi lebih mudah," ujar Kepala Pera BPKP Bangka Belitung, Ikwan Mulyana.

Menurutnya, sistem online data akan lebih aman, karena terpusat di server. 

"Sehingga kalau ada pergantian kepala desa, ada pergantian kaurnya, pergantian perangkat-perangkat desa datanya tidak kebawa datanya ada diserver. Diharapakan Bangka dengan tageline Bangka Setara bisa kita wujudkan dari desa," ucapnya.

 

Editor : Muri Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut