get app
inews
Aa Read Next : Update Gempa Bumi M7,8 Turki : 3 WNI Luka-Luka

Mahasiswi Asal Indonesia Meninggal di Kanada

Jum'at, 14 Januari 2022 | 20:45 WIB
header img
Grace Karundeng (18) mahasiswi asal Minahasa Utara yang ditemukan meninggal di basemen di Kanada. (Foto: iNews/Jefry Langi)

JAKARTA, lintasbabel.id - Grace Karundeng (18), mahasiswi asal Sulawesi Utara meninggal dunia di Kanada, 7 Januari 2022. Pihak Kementerian Luar Negeri memastikan telah menangani kasus ini dan kronologi kejadian tersebut tidak dapat diungkapkan tanpa persetujuan keluarga.

“Kronologi, hasil penyelidikan polisi itu pun tidak bisa dibagikan jika tidak ada consent dari keluarga,” kata Direktur Pelindungan WNI Kementerian Luar Negeri, Judha Nugraha kepada MNC Portal Indonesia (14/1/2022).

Judha mengatakan hal tersebut merupakan ranah privasi keluarga, yang yang sepatutnya dihargai oleh semua pihak.

“Kami tidak bisa banyak menyampaikan karena ini masalah private, ya kecuali jika ada hasil penyelidikan polisi yang mengarah tindak kriminalitas. Tapi, kalau tidak ada (kriminalitas) kami tidak bisa mengintervensi masalah informasi, karena ada privasi di sana, yang bisa kami lakukan adalah pendampingan terhadap keluarga,” ujarnya.

Judha menuturkan, proses autopsi jenazah sudah dilakukan dan hasilnya nanti akan langsung diserahkan kepada pihak keluarga. Hal ini terkait dengan regulasi yang berlaku di Kanada dan Kemlu, yang menghormati privasi keluarga mengenai hasil autopsi tersebut.

“Kami masih menunggu hasilnya (autopsi) saat ini. Sesuai dengan hukum private law di Kanada, hasil autopsi akan langsung diberikan kepada keluarga. Detail autopsi tentu menjadi ranah privat keluarga yang harus kami hormati bersama,” ujar Judha.

Editor : Muri Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut