get app
inews
Aa Read Next : Pria Lulusan SD Ini jadi Orang Terkaya Nomor 3 di Singapura, Hanya dengan Berjualan Cat

Siapa Pemilik Nippon Paint, Total Kekayaannya Mencapai Rp204,7 Triliun Lebih

Jum'at, 09 Juni 2023 | 18:07 WIB
header img
Nippon Paint, perusahaan yang didirikan oleh Goh Cheng Liang. Foto: Net.

PANGKALPINANG, Lintasbabel.iNews.id - Siapa pemilik Nippon Paint? Produsen cat asal Jepang yang sangat populer di Indonesia.

Sang pemilik tercatat di Forbes sebagai orang terkaya nomor 128 di dunia pada tahun 2023, dengan total kekayaan mencapai Rp204,7 triliun lebih.

Lantas siapa pemilik Nippon Paint? Berikut ulasan singkatnya yang telah kami rangkum dari berbagai sumber.

Siapa Pemilik Nippon Paint


Kisah bos Nippon Paint, dulu hidup miskin hanya lulusan SD, kini sukses berharta Rp204 Triliun
 

Goh Cheng Liang, yang kini berusia 95 tahun, adalah pemilik Nippon Paint. Cheng ternyata tidak langsung kaya seperti saat ini. Bahkan Cheng kecil hanya mampu menamatkan pendidikan sampai sekolah dasar (SD) saja. Cheng bersama ketiga saudaranya hidup dari keluarga miskin.

Sedari kecil Cheng sudah memiliki bakat bisnis. Dimana kala itu dia sempat mejual jaring ikan dan bekerja di toko peralatan.

Tahun 1949, saat Inggris melelang sebuah surplus cat bekas sisa Perang Dunia II, Cheng berinisiatif membeli semua cat tersebut. Namun, dia tidak memiliki uang sepeserpun. Tapi, bukan Cheng namanya kalau tidak bisa mengatasi hal itu. Dia membayar uang pembelian cat dengan sebuah nyanyian.

Cheng kemudian mempelajari cara mencampur cat dari sebuah buku bahan kimia berbahasa Mandari. Bagaimana pelarut, pigmen dan bahan kimia lainnya dicampur oleh Cheng, sehingga dia akhirnya membuat cat baru dengan merek Pigeon.

Tahun 1950, saat Perang Korea, bisnis cat Cheng dilarang diekspor dan bisnis cat miliknya mengalami peningkatan penjualan. 

Kemudian dia mengajukan diri menjadi partner Nippon Paint of Japan, dengan porsi saham 60:40, dalam sebuah anak usaha patungan bernama Nipsea Managemment Group. 

Alhasil, berkat kegigihannya, Cheng kini memegang merek Nippon di Asia.Nippon Paint bahkan sudah dijual ke 15 negara di luar Jepang, dengan omzet mencapai 2,6 miliar dolar AS atau setara Rp38,5 triliun setahun.

Selain Nippon Paint, Cheng tercatat memiliki sejumlah bisnis lainnya, seperti properti, lapangan golf, perumahan, marina, hotel, dibawah Yenom Industries.

Saat ini, Goh Cheng Liang adalah orang ke-3 terkaya di Singapura versi Forbes.

Itulah tadi ulasan singkat tentang pemilik Nippon Paint, Goh Cheng Liang, dengan total kekayaan mencapai Rp204,7 triliun lebih. 
 

Editor : Muri Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut