get app
inews
Aa Read Next : Fenomena Suara Sama di Pileg Kota Pangkalpinang, Akademisi UBB: Diatur di PKPU Nomor 6 Tahun 2024

Fenomena El Nino Ancaman Bagi Petani Sawit

Kamis, 25 Mei 2023 | 16:48 WIB
header img
Bupati Beltim, Burhanudin saat meninjau salah satu perusahaan sawit di Kelapa Kampit, Rabu (25/5/2022). (Foto: istimewa)

PANGKALPINANG, Lintasbabel.iNews.id - Fenomena El Nino yang terjadi saat ini, menjadi perhatian khusus pemerintah. Hal itu diklaim bisa mengakibatkan kekeringan dan berdampak pada hasil panen.

Dosen Jurusan Agroteknologi Fakultas Pertanian Perikanan dan Biologi Universitas Bangka Belitung (UBB), Dr. Tri Lestari mengatakan, fenomena El Nino juga bisa menjadi ancaman bagi para petani sawit di Babel. 

"Pertanaman kelapa sawit di Indonesia, terkait fenomena El Nino yang melanda wilayah pasifik selatan, yang membawa kekeringan akan menjadi hambatan pencapaian produksi kelapa sawit di Indonesia," kata Dr. Tri Lestari, Kamis (25/5/2023).

Lebih lanjut ia mengatakan, proses pembentukkan tandan buah sawit juga sangat ditentukan oleh perubahan cuaca, apalagi jika ada ancaman kekeringan maka itu akan menjadi penghambat. 

"Pembentukan bunga pada kelapa sawit terjadi pada periode siklus yang berganti-ganti yang dipengaruhi oleh faktor genetis dan lingkungan. Pembentukan bunga jantan dan bunga yang gugur merupakan salah satu respon terhadap kondisi tanaman kekurangan air akibat cekaman kekeringan," katanya.

Editor : Muri Setiawan

Follow Berita iNews Lintasbabel di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut