get app
inews
Aa Read Next : Dihantam Ombak Besar, KIP Arsari Tenggelam di Perairan Tuing Riau Silip

Peringatan HAKIN 2023, KIP Dorong Komitmen Keterbukaan Informasi Publik

Kamis, 18 Mei 2023 | 16:18 WIB
header img
Peringatan Hari Keterbukaan Informasi Nasional (HAKIN) 2023, di Kabupaten Kampar, Provinsi Riau pada Rabu (15/5/2023). Foto: Dok. Diskominfo Riau.

KAMPAR, Lintasbabel.iNews.id - Hari Keterbukaan Informasi Nasional (HAKIN) diperingati setiap tanggal 30 April. Peringatan HAKIN tahun ini diselenggarakan di Kabupaten Kampar, Provinsi Riau pada Rabu (15/5/2023), dengan mengusung tema “Meneguhkan Peran Komisi Informasi Dalam Mengawal Pemilu 2024 yang Terbuka, Inklusif dan Informatif".

Menurut Ketua Komisi Informasi (KI) Pusat, Donny Yogiesdiantoro dalam sambutannya mengatakan, bahwa diperingatinya HAKIN dapat mendorong seluruh Badan Publik (BP), baik BP Negara maupun BP selain Negara untuk melaksanakan keterbukaan informasi publik, dikarenakan upaya dan komitmen pemerintah dalam mendorong dan mewujudkan pemerintah yang terbuka, transparan, dan akuntabel sesuai dengan tujuan UU KIP, masih belum maksimal. Ia mengatakan publik masih mempersepsikan kurangnya atensi pemerintah dalam mengutamakan keterbukaan informasi.

Selain itu menurut PJ HAKIN 2023 Handoko Agung Saputro menyampaikan bahwa momentum peringatan HAKIN tahun 2023 ini diikuti sebanyak 500 peserta. Peserta terdiri dari Komisi Informasi Pusat, Komisi Informasi Provinsi/Kabupaten/Kota, Penerima Anugerah Tinarbuka, Badan Publik Tingkat Nasional, Bupati di seluruh Provinsi Riau, Forkopimda Provinsi Riau, Forkopimda Kabupaten Kampar, OPD dan Organisasi Masyarakat di Kabupaten Kampar, Pimpinan Lembaga KPU RI, Bawaslu RI, DKPP, KPI, dan Dewan Pers.

Editor : Muri Setiawan

Follow Berita iNews Lintasbabel di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut