get app
inews
Aa Read Next : Partai Gerinda Buka Pendaftaran Bakal Calon Bupati Bangka Barat 2024

Selama Libur Nataru, ASDP Catat 4.113 Penumpang Lintasi Pelabuhan Tanjung Kalian Muntok

Kamis, 06 Januari 2022 | 10:33 WIB
header img
Sejumlah penumpang yang hendak menyebrang di Pelabuhan Tanjung Kalian Muntok, Kamis (6/1/2022). (Foto: lintasbabel.id / Rizki Ramadhani)

BANGKA BARAT, lintasbabel.id - PT Angkutan Sungai, Danau dan Pelabuhan (ASDP) Pelabuhan Tanjung Kalian Muntok mencatat pergerakan penumpang selama libur Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 (Nataru). Tercatat sebanyak 4.113 penumpang melintasi Pelabuhan Tanjung Kalian Muntok, selama periode tersebut.

GM ASDP Pelabuhan Tanjung Kalian Muntok, Christoper Samosir mengatakan, volume tersebut naik 77 persen bila dibandingkan realisasi periode yang sama pada tahun lalu. 

"Dari pantauan posko Nataru kami sejak 17 Desember 2021 hingga 4 Januari 2022, untuk penumpang pejalan kaki yang kita seberangkan ada 4.113 orang. Capaian ini meningkat dari tahun 2020 silam, yang hanya ada 2.323 penumpang, " kata Christoper Samosir, Kamis (6/1/2022). 

Sementara itu, untuk kendaraan pribadi baik roda dua atau empat, naik sekitar 21-24 persen. Sedangkan untuk kendaraan truk atau logistik naik sekitar 25 persen. 

"Kendaraan pribadi yang menyebrang ada 3.062 kendaraan, dibandingkan tahun lalu hanya 2.489 kendaraan. Untuk truk atau logistik kita mencatat sebanyak 2.015 kendaraan, dan periode tahun lalu hanya tercatat 1.624 kendaraan," tuturnya. 

Untuk penyebab meningkatnya jumlah penumpang pada penyebrangan kali ini, salah satunya kelonggaran aturan penyebrangan saat PPKM. 

"Selain memang momentum libur perayaan hari besar, dan liburan anak sekolah. Faktor meningkatnya jumlah penumpang ialah kelonggaran aturan PPKM, penerapan protokol kesehatan tetap dilakukan, namun tidak ada pelarangan penyebrangan," katanya. 

Untuk mengangkut ribuan penumpang tersebut, upaya yang dilakukan oleh ASDP Pelabuhan Tanjung Kalian Muntok yakni dengan menambah jam operasional kapal, dan menambah area tampung kendaraan di area pelabuhan. 

"Penambahan trip kapal melalui extra trip, terus melakukan operasi kantong parkir sementara. Untuk faktor cuaca kita selalu berkoordinasi dengan pihak BMKG, dan berterimakasih bantuan tim posko dari TNI Polri, Basarnas, Dishub, Dinkes, Pramuka dan lain-lain," tuturnya. 

Editor : Haryanto

Follow Berita iNews Lintasbabel di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut