get app
inews
Aa Read Next : 1 Ramadhan 1445 H Diperkirakan Jatuh pada Selasa 12 Maret 2024

Keutamaan Lailatul Qadar: Diampuni Dosa yang Lalu, Lengkap Bacaan Doa Agar Bertemu Lailatul Qadar

Selasa, 18 April 2023 | 17:35 WIB
header img
Lailatul Qadar sendiri hanya terjadi di bulan suci Ramadhan dan setahun sekali. Itupun hanya bisa dijumpai oleh insan terpilih. Foto: ilustrasi.

PANGKALPINANG, Lintasbabel.iNews.id - Malam Lailatul Qadar adalah impian setiap muslim. Begitu banyak umat islam sangat menginginkan dan memimpikan bisa berjumpa dengan malam Lailatur Qadar.

Lailatul Qadar sendiri hanya terjadi di bulan suci Ramadhan dan setahun sekali. Itupun hanya bisa dijumpai oleh insan terpilih.

Lailatul Qadar juga disebut dengan nama Lailatul Syaraf yang artinya malam kemuliaan atau 'Lailatul Tajalli' yang bermakna malam Allah melimpahkan karunia dan hidayah-Nya kepada orang yang berpuasa dan menghidupkan ibadah di bulan Ramadhan. 

Untuk meningkatkan iman dan ketakwaan kepada Allah Ta'ala di penghujung bulan Ramadhan 1444 Hijriyah kali ini, simak keutamaan Lailatul Qadar berikut ini.

Keutamaan dan Keistimewaan Lailatul Qadar

1. Lailatul Qadar Adalah Waktu Diturunkannya Al-Qur'an 

Ibnu 'Abbas dan selainnya mengatakan: "Allah menurunkan Al-Qur'an secara utuh sekaligus dari Lauhul Mahfuzh ke Baitul 'Izzah yang ada di langit dunia. 

Kemudian Allah menurunkan Al-Qur'an kepada Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam tersebut secara terpisah sesuai dengan kejadian-kejadian yang terjadi selama 23 tahun." (Tafsir Al-Qur'an Al 'Azhim 14: 403). 

Editor : Muri Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut