get app
inews
Aa Read Next : Pererat Silaturahmi, DPD Perindo Beltim Gelar Buka Puasa Bersama

Waktu Berbuka Puasa Bangka Belitung Hari Ini 25 Maret 2023, Simak Hukum Menggosok Gigi saat Puasa

Sabtu, 25 Maret 2023 | 17:35 WIB
header img
Jadwal buka puasa wilayah Bangka Belitung, Sabtu 25 Maret 2023. Foto Ilustrasi/Doc muslimaid

SUNGAILIAT, Lintasbabel.iNews.id - Waktu berbuka puasa untuk wilayah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, hari ke-3 Ramadhan 1444 H atau tepatnya pada Hari Sabtu (25/3/2023) bisa diketahui dalam artikel berikut ini. 

Puasa Ramadhan ternyata memiliki banyak sekali pelajaran yang bisa dipetik, salah satunya soal kebersihan diri umat muslim. 

Bahwa sebuah kewajiban bagi umat muslim untuk menjaga kebersihan diri, terutama kebersihan mulut disaat menjalani puasa. Bau mulut yang tidak sedap dapat membuat orang lain tidak nyaman kepada kita, meskipun mereka tau kalau kita sedang berpuasa. Namun hal itu bukan alasan bagi kita untuk menjaga kebersihan mulut. 

Membersihkan mulut melalui siwak maupun sikat gigi memang sangat dianjurkan oleh Rasulullah SAW. Selain untuk menjaga kebersihan mulut, juga merupakan adab dalam beribadah. Rasulullah SAW pernah bersabda:

لَوْلاَ أَنَّ أَشُقَّ عَلَى أُمَّتِي لأَمَرْتُهُمْ بِالسِّوَاكِ مَعَ كُل وُضُوءٍ

Seandainya Aku tidak memberatkan ummatku pastilah aku perintahkan mereka untuk menggosok gigi setiap berwudhu'. (HR. Ahmad)

 

Bolehkah Menggosok Gigi saat Puasa

Direktur Rumah Fiqih Indonesia, Ustaz Dr Ahmad Sarwat MA menjelaskan, jumhur ulama sepakat bahwa hukum menggosok gigi saat puasa ataupun bersiwak tidak membatalkan ibadah tersebut. Namun muslim perlu mengetahui batas waktunya.

Menurut Imam Asy-Syafi‘i, bersiwak atau menggosok gigi hukumnya makruh bila telah melewati waktu zhuhur hingga sore hari. Alasan yang dikemukakan beliau adalah hadits Nabi yang menyebutkan :

لَخَلُوفُ فَمِ الصَّائِمِ أَطْيَبُ عِنْدَ اللهِ مِنْ رِيْحِ الِمسْكِ

“Bau mulut orang yang puasa lebih harum di sisi Allah dari aroma kesturi”. (HR. Bukhari)

Sedangkan bersiwak atau menggosok gigi akan menghilangkan bau mulut. Namun bila bau mulut mengganggu seperti habis makan makanan berbau, maka sebaiknya bersiwak.

Berkumur adalah memasukkan air ke dalam mulut untuk dibuang kembali. Sedangkan istinsyak adalah memasukkan air ke dalam lubang hidung untuk dibuang kembali.

Keduanya boleh dilakukan saat puasa meski bukan untuk keperluan berwudhu‘. Namun harus dijaga jangan sampai tertelan atau masuk ke dalam tubuh, karena akan membatalkan puasa.

Nah, berikut ini waktu berbuka puasa 3 Ramadhan 1444 H atau Sabtu, 25 Maret 2023 untuk wilayah Kota Pangkalpinang dan Sungailiat, Kabupaten Bangka:

Waktu Berbuka Puasa 3 Ramadhan 1444 H

Imsak : 04:34 WIB 

Subuh : 04:44 WIB 

Terbit : 05:55 WIB

Dhuha : 06:22 WIB

Dzuhur : 12:05 WIB 

Ashar : 15:11 WIB 

Maghrib : 18:08 WIB 

Isya : 19:16 WIB

 

Sementara, beberapa wilayah kabupaten lain di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung perbedaan waktunya dengan Kota Pangkalpinang, adalah Kabupaten Bangka sama, Bangka Barat +4 menit, Bangka Selatan -2 menit, Bangka Tengah -1 menit, Belitung -6 menit, Belitung Timur -9 menit.

 

Editor : Muri Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut