get app
inews
Aa Read Next : Turun ke Desa Rias Melalui Program Aik Bakung, Riza-Deby Eksekusi Langsung Aspirasi Warga

Siapa Pemilik Balenciaga, Brand Mewah dengan Produk Fashion Nyeleneh

Senin, 06 Februari 2023 | 15:15 WIB
header img
Siapa pemilik Balenciaga? Brand mewah yang terkenal dengan produknya yang nyeleneh, bisa kamu simak dalam artikel berikut ini. Foto: Net.

JAKARTA, Lintasbabel.iNews.id - Siapa pemilik Balenciaga? Brand produk-produk mewah yang satu ini sudah terkenal di seantero jagad. Pasalnya Balenciaga kerap dipakai kalangan artis ternama dunia.


Cristóbal Balenciaga, pendiri dan pemilik Balenciaga. Foto: net.
 

Balenciaga sendiri merupakan brand mewah yang menghasilkan produk-produk berkelas. Balenciaga diciptakan pada tahun 1919 lalu dan merupakan brand asal Spanyol.

Lantas siapa pemilik Balenciaga? Berikut ini ulasan singkatnya yang kami rangkum dari iNews.id, Senin (6/2/2023).

Siapa Pemilik Balenciaga

Dilansir dari The Guardian, merek dagang barang-barang mewah yang sering kali dipakai oleh orang terkenal dan orang penting dunia ini, berasal dari San Sebastian, Spanyol yang didirikan pada 1919.

Brand ini sangat terkenal dengan hasil karya produk fashionnya yang unik dan sedikit nyeleneh. Inilah yang membedakan brand Balenciaga dengan merek lainnya.

Walaupun nyeleneh, mereka yang gila akan barang-barang mewah tetap menjadikan Balenciaga sebagai produk yang selalu dinantikan kemunculan produk terbarunya.

Sosok pendiri sekaligus pemilik brand kenamaan dunia Balenciaga adalah Cristóbal Balenciaga. Ia membangun produk ini dengan proses yang cukup panjang. 

Bernama lengkap Cristóbal Balenciaga Eizaguirre, ia lahir dari keluarga kelas pekerja di kota Getaria (Negara Basque, Spanyol) pada 21 Januari 1895.

Melansir dari laman Cristóbal Balenciaga Museoa, ayahnya merupakan seorang nelayan dan diketahui telah meninggal saat Balenciaga berusia 11 tahun. Sementara ibunya, dikabarkan bekerja sebagai seorang penjahit dan bekerja untuk keluarga Marquises de Casa-Torres.

Keluarga tempat ibunya bekerja itu memiliki jasa yang besar terhadap Balenciaga. Sebab, Balenciaga disekolahkan khusus menjahit dan memelajari mode oleh keluarga bangsawan tersebut di San Sebastian, Spanyol.

Selama menempuh pendidikan, Balenciaga juga bekerja sambilan di sejumlah perusahaan yang berhubungan dengan mode Paris.

Tak lama berselang, Cristóbal Balenciaga pun membuka bisnis pertamanya pada usia 22 tahun. Saat itu, ia mendaftarkan nama Cristóbal Balenciaga sebagai merek dagang.

Tiga tahun kemudian, pemilik Balenciaga kembali membuka bisnis baru dengan nama Martina Robes et Manteux yang diambil dari nama sang ibu. Lalu, bisnis tersebut berganti nama menjadi EISA Costura.

Desain atau hasil karya Balenciaga saat itu banyak disukai oleh kalangan keluarga kerajaan hingga aristokrat yang tertarik dengan dunia mode.

Karenanya, pemilik Balenciaga tersebut bisa melakukan ekspansi bisnis dengan cepat ke negara lain. Misalnya ke Barcelona dan Madrid pada 1930-an.

Untuk meningkatkan keterampilannya dalam merancang busana, Balenciaga diketahui sering berkunjung ke Paris.

Bisnis Balenciaga harus terkena imbas dari perang saudara yang berkecamuk di Spanyol. Ia pun memutuskan untuk memulai kembali dari awal dengan pindah ke Paris, pusat mode dunia.

Barulah pada 1973, ia mendirikan bisnis atas nama diri sendiri, yaitu Balenciaga. Butik fesyennya pertama kali buka di wilayah Avenue Georges V. Saat itu, ia juga melakukan fashion show pertamanya dengan label sendiri.

Fashion show pertama Balenciaga saat itu menampilkan sejumlah koleksi busana yang terinspirasi dari masa Renaisans di Spanyol. Seiring berjalannya waktu, pemilik Balenciaga terus mengembangkan bisnisnya hingga kini dikenal sebagai salah satu merek mode paling mahal dan ekslusif di Paris.

Meski pendiri dan pemilik Balenciaga telah tutup usia, ketenaran merek ini tetap harum hingga sekarang. Balenciaga dilanjutkan oleh Demna Gvasalia sebagai desainernya dan kendali perusahaan Balenciaga kini berada di bawah kepemilikan Kering Group.

Di bawah naungan Kering Group, Balenciaga berada satu manajemen dengan merek-merek terkenal lain seperti Bottega Veneta, Gucci, Alexander McQueen, hingga Yves Saint Laurent.

Awalnya, perusahaan mode kelas dunia ini hanya berfokus pada busana wanita. Namun seiring berkembangnya bisnis, Balenciaga turut mengeluarkan berbagai koleksi fashion untuk pria.

Hingga saat ini, ada banyak sekali produk yang dijual dengan nama merek Balenciaga. Mulai dari sepatu, tas, ikat pinggang, topi, dompet, dan masih banyak lagi.

Balenciaga pun terus berinovasi untuk menghasilkan berbagai pilihan produk menarik untuk menunjang penampilan.

Tidak hanya disukai oleh para pecinta fashion di kalangan atas, Balenciaga juga banyak disukai oleh para tokoh penting dan terkenal di dunia. Hal itu bisa kamu lihat dari banyaknya selebritis yang menggunakan produk-produk dari Balenciaga.

Itulah tadi ulasan tentang siapa pemilik Balenciaga, brand ternama yang terkenal dengan produknya yang nyeleneh. Semoga menginspirasi!

 

Editor : Muri Setiawan

Follow Berita iNews Lintasbabel di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut