get app
inews
Aa Read Next : Pangan Bangka Belitung Krisis, Harga Pangan Naik Drastis

Personal Branding Pemimpin

Kamis, 19 Januari 2023 | 22:32 WIB
header img
Seorang pemimpin, terutama pemimpin publik yang dipilih publik dalam kontestasi demokrasi tentu perlu memiliki branding atau merek diri. Foto: Ilustrasi.

SEORANG pemimpin, terutama pemimpin publik yang dipilih publik dalam kontestasi demokrasi tentu perlu memiliki branding atau merek diri. Merek diri atau personal Branding ini sangat penting untuk mengingatkan publik atas dirinya.

Siapa pun yang hidup di negeri ini, dari Miangas hingga Rote mengakui bahwa Bapak Pembangunan adalah HM Soeharto, mantan Presiden ke dua kita.

Demikian pula dengan Presiden ke tujuh kita Jokowi, dikenal dengan blusukannya. Dan itu melekat dalam kepala publik di negeri ini dari Sabang sampai Merauke.

Merek diri seorang pemimpin atau citra diri pemimpin yang melekat dalam kepala publik karena prestasi dan kerja kerasnya sebagai pemimpin untuk publik. Dan itu memberikan dampak positif bagi warga masyarakat.

Merek diri seorang pemimpin tidak bisa dibangun secara tiba-tiba dan instan. Perlu waktu. Perlu proses. Kepercayaan publik perlu dibangun. Dan tentunya tidak perlu disetting. Apalagi di rekayasa sedemikian rupa, seolah-olah pemimpin tersebut berprestasi dan bekerja keras untuk kepentingan publik ramai.

Personal Branding mestinya lahir secara alamiah dan mengakar dalam jiwa raga publik. Mengalir dalam tubuh publik. Terlegalitas dalam kepala publik. Terakui dalam nurani khalayak ramai.

Adalah sebuah kefatalan bila merek diri seorang pemimpin dibranding sebagai Bapak Petani yang mencintai pertanian. Sementara sang pemimpin yang dibranding itu tidak pernah bersentuhan dengan sawah, kebun, dan kawasan pertanian serta tidak memihak kepada kepentingan kaum petani. 

Editor : Muri Setiawan

Follow Berita iNews Lintasbabel di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut