Namun, menurut dia, yang menjadi pekerjaan rumah (PR) pihaknya saat ini yakni dari sisi jumlah pengguna, untuk mendorong masyarakat agar terbiasa melakukan pembayaran melalui QRIS ini.
"Dari sisi merchant atau pedagang sudah tumbuh tinggi, sehingga ke depan program kami BI perlu dukungan perbankan, pemerintah daerah, dan masyarakat untuk bagaimana mendorong masyarakat terbiasa bertransaksi non tunai dengan QRIS," ujarnya.
Ia menambahkan, banyak manfaatnya baik pedagang ataupun pembeli yang menggunakan transaksi QRIS ini. Misalnya dari sisi pedagang lebih mudah untuk melihat finansial dari QRIS ini. Kemudian dari sisi pengguna atau pembeli, QRIS ini bisa transaksi sekecil apapun, dan tidak perlu kembalian serta lebih higienis.
"Banyak kemudahan-kemudahan keunggulan benefit yang diperoleh masyarakat dengan menggunakan QRIS ini," ujarnya.
Editor : Muri Setiawan