get app
inews
Aa Read Next : Cegah Urbanisasi, Mendagri Tito Tegaskan Desa adalah Sentra Baru Ekonomi

Terapkan Prokes Ketat, Wagub Minta Aparat Desa Batasi Kegiatan Masyarakat di Desa

Jum'at, 18 Juni 2021 | 05:32 WIB
header img
Optimalisasi Intervensi Dana Desa Dalam Pelaksanaan PPKM Skala Mikro di Tingkat Desa yang diselenggarakan oleh Kepolisian Daerah (POLDA) Babel bersama Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat Provinsi Babel di Gedung Tribrata POLDA Babel. (Foto: Istimewa)

PANGKALPINANG, lintasbabel.id - Wagub Babel, Abdul Fatah menyampaikan kondisi ketersediaan fasilitas kesehatan, khususnya ketersediaan tempat tidur di sejumlah rumah sakit yang ada di tingkat kabupaten/kota rujukan pemerintah, seperti hal nya keberadaan ruang instalasi gawat darurat, intensive care unit, dan ruang isolasi untuk pasien terkonformasi Covid-19 yang masih terbatas. 

Dirinya juga menyoroti sejumlah upaya penanganan pencegahan penularan kasus Covid-19. Diakuinya terjadi penurunan pada tingkat kedisiplinan dalam menjalankan protokol kesehatan 3M (Memakai Masker – Mencuci tangan - Menjaga Jarak), dan juga masih ditemukan terjadinya kerumunan tanpa mengindahkan protokol kesehatan yang berpotensi terjadinya penularan.

“Saya ingin mengingatkan apakah masih ada di antara kepala desa yang belum sama sekali membentuk pos pencegahan penyebaran dan penanganan Covid-19 di desa. Diharapkan segera bentuk tim pencegahan dan penanganan Covid-19 di desa dengan melibatkan partisipasi masyarakat melalui membentuk relawan desa Covid-19,” tegasnya

Menurutnya, peran aktif kepala desa dalam penanganan kasus Covid-19, seperti penyediaan sarana dan pra sarana isolasi mandiri bagi warga desa yang berdasarkan hasil pemeriksaan dinyatakan positif Covid-19 dan percepatan pelaksanaan vaksinasi Covid-19bagi warga masyarakat desa perlu segera dilakukan.

Wakil Gubernur Abdul Fatah juga meminta kepada kepala desa untuk membatasi mobilitas warga dengan PPKM skala mikro dan meningkatkan disiplin masyarakat dalam penerapan protokol kesehatan.

Editor : Muri Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut