get app
inews
Aa Read Next : 1.000 Warga Babel Terima Bantuan Pasang Listrik Gratis

Copot Dirut PLN, Erick Diminta Akselerasi Kendaraan Listrik

Senin, 06 Desember 2021 | 12:40 WIB
header img
Erick Thohir menunjuk Darmawan Prasojo, sebagai Direktur Utama (Dirut) PLN menggantikan Zulkifli Zaini, di Jakarta, Senin (6/12/2021).

JAKARTA, lintasbabel.id - Menteri BUMN, Erick Thohir, meminta PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) atau PLN, mengakselerasi ekosistem kendaraan listrik dan electrifying lifestyle. 

Pernyataan itu, disampaikan Erick Thohir, usai menunjuk Darmawan Prasojo, sebagai Direktur Utama (Dirut) PLN menggantikan Zulkifli Zaini, di Jakarta, Senin (6/12/2021).

Menurut Erick, PLN perlu mempersiapkan diri untuk melakukan akselerasi bisnis, dalam menghadapi trend baru seperti ekosistem kendaraan listrik dan berkolaborasi dengan pihak-pihak lain, untuk menggarap electrifying lifestyle. 

“Transisi energi yang dilakukan PLN perlu dilakukan terobosan sehingga tidak membebani negara dan masyarakat,” ujar Erick.

Melalui Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) 2021, Kementerian BUMN menetapkan Darmawan sebagai Direktur Utama perseroan, menggantikan Zulkifli Zaini yang sebelumnya menjabat posisi tersebut sejak 2019 lalu. 

Sebelumnya, Zulkifli pernah mengusulkan agar pemerintah memberikan tambahan insentif bagi mobil listrik. Bagi dia, langkah ini bisa memberikan dampak positif guna mendorong minat masyarakat untuk membelinya.

Zulkifli juga menyarankan pemerintah membuat kebijakan tambahan untuk mengakselerasi ekosistem mobil listrik sehingga dapat diterima masyarakat lebih luas. Salah satunya memberikan kebijakan yang lebih menarik untuk membeli mobil listrik dibandingkan dengan mobil konvensional.

"Kami berterima kasih bahwa pajak PPnBM mobil listrik sudah dihapus. Tetapi ada dua pajak lain, PPN dan PPH yang dinikmati mobil fosil yang saat ini belum dimiliki mobil listrik," kata Zulkifli.

Editor : Muri Setiawan

Follow Berita iNews Lintasbabel di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut