get app
inews
Aa Read Next : 3 Kades di Bangka Tengah Terima Penghargaan RJ 2024

Pemanfaatan Ekowisata di Pulau Gelasa

Minggu, 30 Oktober 2022 | 14:18 WIB
header img
Frendrikus Bonaventura, mahasiswa Jurusan Manajemen Sumberdaya Perairan, Fakultas Pertanian, Perikanan, Biologi Universitas Bangka Belitung. Foto : Istimewa.

BANGKA TENGAH, Lintasbabel.iNews.id - Salah satu pulau dengan potensi besar yang menanti uluran tengan investor adalah Pulau Gelasa di Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Bangka Belitung

Pulau Gelasa Saat ini masih didominasi hutan alami merupakan pulau yang tepat untuk dikembangkan menjadi resor wisata. Pulau Gelesa terletak di Selat Karimata, diantara Pulau Bangka dan Pulau Belitung, atau sekitar 52 mil laut sebelah timur Kota Koba, Kabupaten Bangka Tengah.

Terumbu karang di perairan ini juga termasuk tipe fringing reefs dan dapat ditemukan dari kedalaman 1-20 meter. Berdasarkan pengamatan (dilihat dari akun youtube Rumah Sriksetra) ditemukan Karang masif (porites) dengan ukuran besar diameter 5-11 meter yang membentuk Celah-celah. 

Celah ini berfungsi sangat besar dalam mempertahankan daratan Pulau Gelasa sebagai barier gelombang yang besar, sehingga tidak mudah terjadi abrasi.

Pulau Gelasa dikelilingi pantai berbatu dan pada beberapa titik terdapat pantai berpasir putih. Selain itu pulau ini juga memiliki keindahan panorama bawah laut dengan terumbu karang Indah yang dipenuhi beraneka ragam ikan karang. 

Para wisatawan dapat menikmati panorama keindahan bawah laut dengan melakukan diving dan snorkeling. Pantai yang berpasir putih, sangat cocok untuk dijadikan tempat wisatawan berjemur atau sekadar menikmati pemandangan laut. 

Dengan kondisi hutan yang masih alami, beberapa satwa liar masih tinggal di kawasan ini, sehingga menjadi daya tarik tersendiri untuk pengembangan wisata trekking ataupun hiking, walaupun tidak berpenghuni pulau ini telah memiliki sumber air tawar yang siap dimanfaatkan.

Editor : Haryanto

Follow Berita iNews Lintasbabel di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut