get app
inews
Aa Read Next : 15 Makanan Khas Bangka Belitung, Nomor 13 Paling Banyak Disukai Anak Tongkrongan

Kisah Pemilik Bon Cabe yang Sangat Menginspirasi

Senin, 24 Oktober 2022 | 19:14 WIB
header img
Kisah sukses pemilik Bon Cabe. Foto: Net

JAKARTA, Lintasbabel.iNews.id - Siapa pemilik Bon Cabe, produk bumbu pelengkap dengan rasa super pedas yang banyak dikonsumsi masyarakat di Indonesia. Tak banyak yang mengetahui siapakah pemilik Bon Cabe, padahal dia adalah warga asli Indonesia.

Bon Cabe merupakan produk yang dikeluarkan oleh PT. Kobe Boga Utama. PT Kobe Boga Utama berdiri pada tahun 1979, KOBE memulai perjalanannya sebagai industri rumahan di Semarang. Produk pertama KOBE adalah Tepung Bumbu yang kemudian menjadi tepung bumbu pertama di Indonesia.

Saat ini KOBE sudah menjadi teman setia masyarakat Indonesia 40 tahun dalam menemani setiap hidangan yang dibuat. Seperti yang sudah disebut, Bon Cabe merupakan salah satu produk yang dihasilkan oleh KOBE.

 

Kisah Awal Pemilik Bon Cabe

mereka adalah Hestia Utomo dan Sarwo Utomo pasangan suami istri. Saat itu mereka sedang bekerja pada PT Unilever Indonesia sebagai seorang karyawan. Ditengah kesibukan mereka berdua bekerja, Hestia bersama suami kerap mencoba membuat resep sebuah tepung bumbu instan, dengan harapan dapat menciptakan sebuah produk bumbu dapur layak jual.

 

Ide ini muncul ketika Hestia memiliki visi yang ingin membuat proses memasak hidangan berbahan dasar tepung terigu menjadi lebih praktis. Karena sebelumnya, orang perlu meracik tepung bumbu sendiri dan cukup merepotkan. Kemudian, resep tepung praktis tersebut muncul yang sekarang menjadi salah satu produk tepung instan yang begitu populer di Indonesia.

Tak butuh pikir lama, pasutri tersebut mendirikan perusahaan bisnis tepung bumbu miliknya tersebut pada 1979 dan sudah mulai diproduksi sejak awal berdirinya bisnis tersebut. Lalu, perusahaan tersebut diberi nama resmi nama resmi PT Kobe Boga Utama. 

 

Kisah Berdirinya PT Kobe Boga Utama

Awal berdirinya PT Kobe Boga Utama, Hestia mulai meracik resep tepung instan tersebut di garasi rumahnya dengan peralatan yang seadanya. Pada akhirnya, dengan ketekunan dan kerja keras Hestia berhasil menemukan resep tepung instan yang layak dijual kepada masyarakat.

Tak butuh waktu lama, racikan tepung Hestia tersebut banyak disukai oleh masyarakat. Di tahun yang sama berdirinya KOBE, lahirlah anak pertama Hestia dan Sarwo yang dinamai Desideria Utomo yang sekarang telah menjadi Direktur KOBE.

Setelah produk racikan Hestia disukai oleh pasar, distribusi produknya langsung dilakukan dengan masif. Hestia memakai nama KOBE yang memiliki arti “Kata Orang Banyak Enak."

Pada tahun 1984, Hestia dan suami langsung membeli tanah seluas 3 ribu m2 di Pondok Labu, Jakarta. Dengan alasan membeli tanah tersebut, untuk diproyeksikan sebagai tempat produksi secara lebih luas, karena  produknya yang terus laris di pasaran.

Perkembangan Pesat KOBE

Masih berlanjut mengulas siapa pemilik Bon Cabe, pada tahun 1995 Hestia membangun pabrik yang lebih luas lagi di Kawasan Industri Manis, Tangerang. Dengan alasan karena semakin banyak permintaan yang besar akhirnya tersebut. Pada saat itu tentunya dengan perkembangan yang pesat dari KOBE, di tahun-tahun berikutnya telah mempunyai ratusan karyawan dan terus menciptakan produk lainnya yang beragam. 

Namun, pada tahun 2001 Hestia Utomo dan Sarwo Utomo mendadak sakit secara bersamaan sampai meninggal dunia. Beruntung mereka melahirkan anak-anak yang telaten untuk melanjutkan bisnis kedua orang tuanya tersebut. Desi dan Dipa yang saat itu masih berumur 17 dan 19 tahun lanjut meneruskan perjalanan dari KOBE.

Di tangan mereka berdua KOBE melanjutkan tren yang positif dengan melahirkan 4 sektor bisnis yaitu Bali Kitchen, jasa food service, ritel serta yang saat ini sangat terkenal, BonCabe. Kebanyakan produk-produk tersebut bahkan menjadi pionir di bidangnya masing-masing. Pencapaian yang ciamik itu berkat keloyalan Desi dan Dipa beserta karyawannya dalam membangun KOBE lebih baik lagi dalam melakukan inovasi.

Kini KOBE telah merambah pasar internasional dalam menjual produknya. Banyak negara seperti di kawasan Asia-Pasifik, Eropa, sampai Amerika yang telah merasakan produk yang bersektor di industri makanan dan minuman tersebut. Tak hanya itu, target marketnya pun sudah mencakup pemain multinasional. 

Itulah cerita pemilik Bon Cabe, semoga menginspirasi Anda!

 

Artikel ini telah tayang di www.inews.id dengan judul "Siapa Pemilik Bon Cabe? Yuk Intip Kisahnya"

 

Editor : Muri Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut