get app
inews
Aa Read Next : 3 Kades di Bangka Tengah Terima Penghargaan RJ 2024

Unik! Warga Desa Batu Belubang Gelar Lomba Mencari Remis, Hasilnya Lalu Dimasak

Minggu, 23 Oktober 2022 | 21:31 WIB
header img
Warga antusias mengikuti lomba ngeremis (mencari remis) di Desa Batu Belubang, Bangka Tengah. Foto : Lintasbabel.iNews.id/ Haryanto

BANGKA TENGAH, Lintasbabel.iNews.id - Unik, Warga Desa Batu Belubang, Kecamatan Pangkalan Baru, Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, gelar lomba mencari remis, Minggu (23/10/2022). Hasilnya lalu dimasak sebagai lauk makan. 

Ratusan peserta yang terbagi dalam 33 tim ambil bagian dalam perlombaan tersebut. Setiap tim terdiri dari tiga orang yang keseluruhan pesertanya adalah ibu - ibu warga Desa Batu Belubang. 

Peserta lomba diberi waktu 2 jam untuk mencari remis sebanyak-banyaknya. Tim yang memperoleh remis paling berat sebagai pemenangnya. 

Kegembiraan warga mencari remis di pesisir Pantai Desa Batu Belubang. Foto : Lintasbabel.iNews.id

Ketua pelaksana Sarjono mengatakan, kegiatan yang digelar di pesisir pantai Desa Batu Belubang tersebut, sebagai upaya mempertahankan dan memperkenalkan tradisi masyarakat setempat. 

"Ngeremis ini dulunya merupakan aktivitas ibu - ibu di Desa Batu Belubang, karena sulitnya mencari lauk khusus ikan disaat bulan purnama atau bulan terang. Jadi ibu - ibu ngeremis dan hasilnya untuk lauk makan," kata Sarjono. 

Menurutnya, lomba ngeremis juga sebagai ajang edukasi ke masyarakat akan pentingnya menjaga kebersihan pantai dan alam sekitar. 

Editor : Haryanto

Follow Berita iNews Lintasbabel di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut