get app
inews
Aa Read Next : Berpotensi Rusak Jalan Bencah-Tepus, Tambang Timah Liar Akhirnya Ditertibkan Polisi

Kepengurusan DPD KNPI Babel Periode 2021-2024 Resmi Dilantik, Ketum DPP Soroti Logam Tanah Jarang

Senin, 29 November 2021 | 17:12 WIB
header img
Pelantikan pengurus DPD KNPI Babel. (Foto: lintasbabel.id/Haryanto)

PANGKALPINANG, lintasbabel.id - Dewan Pimpinan Daerah Komite Nasional Pemuda Indonesia (DPD KNPI) Bangka Belitung (Babel), periode 2021-2024 resmi dilantik. Remil Yanus Salalima menggantikan Muhammad Irham sebagai Ketua DPD KNPI Babel Periode 2017-2021.

Pelantikan dilakukan langsung oleh Ketua Umum DPP KNPI, Haris Pertama, di Gedung Mahligai Rumah Dinas Gubernur Babel, Senin (29/11/2021).

Haris mengatakan, DPD KNPI Babel harus terus mendukung dan menjadi mitra strategis serta mitra kritis pemerintah daerah demi kemajuan daerah.

"Kepada bung Remil ini, saya berharap apa yang sudah dijalankan oleh DPD KNPI sebelumnya dengan baik tetap harus ada. Pemuda di Babel ini harus menjadi pemuda yang hebat di masa depan, karena Babel memiliki Sumber Daya Alam yang cukup bagus," kata Hari usai pelantikan.

Haris menuturkan, selain timah yang kini masih menjadi primadona di Babel, logam tanah jarang merupakan SDA yang harus dijaga, karena memiliki nilai ekonomis yang tinggi.

"Kami melihat logam tanah jarang ini kedepannya adalah komoditi yang sangat diperlukan oleh dunia, jadi nanti jangan sampai ada kesusahan di Babel. Jangan sampai pemerintah lengah. Berfikir hanya timah, tetapi mineral sertaan timah itu ada logam tanah jarang yang hari ini dianggap harta karun oleh pengusaha tambang di dunia," ujarnya. 

Untuk itu, ia meminta semua pihak termasuk pemuda di KNPI menjaga harta karun tersebut.

"Saran kami pengawasannya harus perketat. Kekayaan alam yang dikeruk harus tetap diawasi. Karena saya ketua KNPI menginginkan harta karun yang diberikan Tuhan yang maha esa, bisa dimanfaatkan oleh masyarakat," ucapnya.

Sementara itu, Ketua DPD KNPI Babel, Remil berjanji akan lebih mensolidkan KNPI Babel, sebagaimana yang telah dilakukan ketua sebelumnya, sehingga tidak terjadi perpecahan.

"Kami ingin menghimpun dengan pemuda ini punya usaha. Kalau nasional punya BUNM daerah punya BUMD, kami KNPI akan usahakan membuat Badan Usaha Milik Pemuda. Ada banyak sektor yang akan kita garap, seperti perkebunan, perikanan hingga pertambangan," katanya.

Kemudian, kata dia, DPD KNPI Babel akan menggelar kumpul pemuda se Babel guna mensinergikan persepsi sesuai dengan tageline mereka bersatu bersama bangun negeri. Selain itu, beberapa hal yang menjadi tujuan KNPI saat ini yakni terkait isu timah di Babel.

"Pelaksanaan Perda RZWP3K (Rencana Zonasi Wilayah Pesisir Dan Pulau-Pulau Kecil Rencana Zonasi Wilayah Pesisir Dan Pulau-Pulau Kecil) belum terimplementasikan secara maksimal, sehingga perlu dikaji kembali mengingat masih banyak areal yang harusnya zero tambang, namun operasi penambangan masih aktif sehingga hal ini meresahkan masyarakat," ucapnya.

Dikatakannya, semua pihak perlu bersinergi agar hasil timah tersebut bisa menyejahterakan masyarakat. 

"Kami tidak anti PT Timah, namun kami minta agar perusahaan melakukan perencanaan terhadap penambangan dan memberikan kontribusi yang sesuai bagi masyarakat secara merata," katanya.

Pada kesempatan tersebut, dirinya mengapresiasi tindakan dan kebijakan Pemprov Babel yang selama ini memfasilitasi dan bersama mencari solusi agar keresahan masyarakat dapat segera usai.

"Tidak hanya itu, kami juga mengucapkan terima kasih kepada Pemprov Babel yg telah mensupport kegiatan kepemudaan di Bangka Belitung, mulai dari dukungan pinjam pakai gedung sekretariat dan kendaraan operasional," ujarnya.

 

Editor : Muri Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut