get app
inews
Aa Read Next : Kakek di Bangka Ditangkap Polisi, Diduga Cabuli Gadis 17 Tahun

Bak Lukisan, Ini Keindahan 9 Air Terjun Gunung Maras Bikin Puas

Minggu, 13 Juni 2021 | 13:53 WIB
header img
Kolam Panjang, salah satu di spot air terjun Gunung Maras di Desa Berbura, Kecamatan Riau Silip, Kabupaten Bangka. (Foto : lintasbabel.Inews.id/ Haryanto)

BANGKA, lintasbabel.id - Potensi wisata di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) memang tak ada habisnya, selain terkenal akan ke eksotisan pantainya, provinsi ini memiliki ragam air terjun yang unik dan menawan. Salah satunya sembilan air terjun di Kaki Gunung Maras, Kabupaten Bangka.


Lokasi wisata yang dapat dijangkau melalui Desa Berbura, Kecamatan Riau Silip, Kabupaten Bangka ini, menyungguhkan pemandangan indah luar biasa dan dijamin membuat traveler puas berlibur disana.

Sembilan air terjun tersebut yakni Kolam Cinta, Air Terjun Lakedang, Kolam Lakedang, Kolam Panjang, Air Terjun Batu Ngampar, Air Terjun Maruyan, Air Terjun Lobang Batu, Air Terjun Palawidja 1 dan Air Terjun Palawidja 2.


Tiba di pos satu, wisatawan disambut ramah oleh warga setempat yang siap mengantar pelancong ke pos selanjutnya, menggunakan kendaraan roda dua dengan jalan yang cukup sempat dan sedikit berpasir.

Sekitar 10 menit, anda pun akan tiba di pos dua. Nah, dari sini petualangan menyisir satu persatu air terjun dimulai. Jalur menanjak dan sedikit licin siap menguji adrenalin pecinta dunia petualangan.


Namun para explorer tak perlu khawatir, karena masyarakat setempat bersama komunitas pecinta alam dan jalan - jalan (Palawija) Bangka, telah membuat jalur aman dan nyaman dilalui dengan memasangkan tempat berpijak dan berpegangan yang safety sepanjang jalur.

Uniknya sepanjang jalan pendakian, pelancong disungguhkan pemandangan alam nan asri dengan hamparan bebatuan granit yang membentuk indah bak gugusan bintang di langit.

"Tempatnya keren sekali. Kalian harus coba, karena airnya jernih dan unik - unik. Kami sudah tujuh air terjun, rasanya gak mau pulang," kata salah pengunjung, Merriyanti, Minggu (13/6/2021).

Tak perlu buru - buru ke air terjun tingkatan paling atas, di lokasi pertama saja pengunjung dibuat takjub dan ingin berlama-lama disana. Seperti di Air Terjun Lakedang, pengunjung dapat mandi sepuasnya.

"Lelah perjalanan terbayarkan dengan sensasi mandi di kolam air terjun yang ada di Gunung Maras ini," ujar pengunjung lainnya, Nurul.

Tak berhenti disitu, pengunjung juga dapat bermalam disini. Lokasi yang paling pas untuk berkemah yaitu di air terjun Maruyan tingkatan ke enam dari sembilan spot air terjun di Kaki Gunung Maras ini. Disini sudah tersedia musolah, toilet dan kamar ganti pakaian.

"Kami Komunitas Palawija bersama penduduk mensuport agar lokasi ini terespos, karena banyak potensi wisata yang dapat dinikmati pengunjung. Kami menyiapkan musola, toilet dan kamarw ganti pakaian. Jadi ayo yang mau bawa kelaurga kesini, kita ramaikan," kata Ketua Palawija Bangka, Ferdiyan Hermawan Loebis.

Para pengunjung yang lelah usai menempuh perjalanan, dapat menikmati sensasi terapi ikan di Kolam Cinta, sembari menikmati makan - makan Khas Bangka yang dimasak langsung di tepi kolam alami itu.

Sungguh lelah perjalanan terbayar lunas dari secuil surga dunia anugerah sang ilahi, yang mungkin tak pernah ditemukan ditempat lain.

Nah bagi anda yang ingin merasakan sensasi ini, harus lebih dulu memberi tahu warga yang setiap hari merawat lokasi ini, agar mereka bisa menyiapkan segelanya hingga pengunjung benar - benar nyaman dan puas.


Udah deh tunggu apalagi, bagi yang pusing menghabiskan liburan akhir pekan, lokasi ini sangat rekomendit untuk di kunjungi, bersama teman maupun keluarga. Namun pengunjung diingatkan untuk selalu menjaga kebersihan dengan tidak membuang sampah sembarangan dan tidak merusak apalagi menebang pohon.

 

Editor : Haryanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut