get app
inews
Aa Read Next : 3 Tempat Populer di Bangka Belitung Selain Pantai, Nomor 2 Kolong Biru

5 Tokoh Pendiri Negara di Dunia Paling Terkenal, Salah Satunya Soekarno

Sabtu, 20 Agustus 2022 | 18:36 WIB
header img
Tokoh Pendiri Negara di Dunia (foto: buku Maulwi Saelan Penjaga Terakhir Soekarno)

JAKARTA, lintasbabel.id - Ir Soekarno dikenal sebagai salah satu tokoh pendiri negara di Indonesia. Namun tak hanya di Indonesia, di berbagai negara di dunia juga ada tokoh-tokoh yang berjasa dalam sejarah berdirinya negara tersebut.

Siapa tokoh pendiri negara di dunia yang kamu ketahui? Berikut lima tokoh pendiri negara di dunia paling terkenal yang dirangkum dari berbagai sumber. Siapa saja? 

Tokoh Pendiri Negara di Dunia

1. Soekarno

Tokoh pendiri negara di dunia yang pertama akan kita bahas adalah presiden pertama Indonesia, Ir. Soekarno. Soekarno termasuk salah satu tokoh bangsa yang berjuang demi kemerdekaan bangsa Indonesia. 

Tak hanya di Indonesia, Soekarno juga dikenal sebagai diplomat ulung yang telah diakui dunia.
Salah satu buktinya adalah keberhasilan mendapatkan bantuan kapal perang kelas Sverdlov Uni Soviet. Ini adalah salah satu kapal terbesar dan tercepat di dunia.

2. George Washington

George Washington dikenal sebagai Bapak Pendiri Amerika Serikat (AS). Pria yang lahir pada 22 Februari 1732 ini menjadi pemimpin para pejuang dalam kemerdekaan untuk mengusir Inggris.

Selain itu, Washington juga ikut dalam Konvensi Konstitusional pada 1787 sebagai dasar pemerintahan AS.

Berkat jasanya ini, Washington ditunjuk menjadi presiden pertama AS. Ia memerintah Negara Paman sam itu selama dua periode, sebelum pensiun pada 1797.

 

3. Vladimir Lenin

Vladimir Lenin merupakan tokoh yang mendirikan Partai Komunis Rusia dan menjadi arsitek sekaligus penggerak Revolusi Bolshevik pada Oktober 1917.

Pemilik nama asli Vladimir Ilyich Ulyanov ini kemudian menjabat sebagai pemimpin Rusia sebelum berubah nama menjadi Uni Soviet pada November 1917.

4. Kim Il Sung

Tokoh pendiri negara di dunia berikutnya adalah Kim Il Sung, kakek dari Kim Jong Un. Kim Il Sung merupakan pendiri sekaligus pemimpin pertama Korea Utara. 

Selama masa kepemimpinan Kim Il Sung, Korea Utara berpegang teguh pada falsafah Juche, yang punya tiga pilar utama. Yakni, kemerdekaan politik, kemandirian ekonomi, dan kemandirian pertahanan militer.

Pada 1972, Kim Il SUng juga menetapkan konstitusi baru yang membuatnya menjadi presiden abadi Korea Utara sampai akhirnya meninggal karena serangan jantung pada 1994.

 

5. Ho Chi Minh

Ho Chi-Minh adalah pendiri dan pemimpin pertama gerakan nasionalis Vietnam. Dijuluki Paman Ho, ia merupakan tokoh yang menggelorakan pembebasan Vietnam. Ho Chi Minh kemudian menjadi simbol kemerdekaan Vietnam.

 

Editor : Muri Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut