Dinkes Bangka Tengah Optimis Herd Immunity Tercapai di November

Rachmat Kurniawan
.
Selasa, 12 Oktober 2021 | 13:50 WIB
Vaksinasi masyarakat Bangka Tengah. (Foto : lintasbabel.id / Rachmat Kurniawan)

BANGKA TENGAH, lintasbabel.id - Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka Tengah (Bateng) optimis, di bulan November 2021 capaian vaksinasi di wilayahnya sudah diangka 70 persen dan terbentuk herd immunity. Hal ini diungkapkan langsung Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka Tengah, Zaitun pada Selasa (11/10/2021).

"Untuk vaksinasi covid-19 ini kami optimis bulan ini (November-red) bisa terbentuk herd immunity, dimana saat ini juga capaian vaksinasi covid-19 di wilayah kami sudah 54, artinya kurang 16 persen lagi mencapai 70 persen. Untuk itu, kami yakin karena stok vaksin kita juga tersedia, maka bulan ini herd imunity ini bisa segera tercapai," ungkap Zaitun.

Selain stok vaksinasi yang tersedia, Zaitun menilai, antusias dan kesadaran masyarakat ikut berpartisiapasi dalam pelaksanaan vaksinasi covid-19 di wilayahnya pun meningkat. 

"Kita lihat dulunya capaian vaksinasi covid-19 ini per harinya dibawah 1.000 dosis, namun sekarang per hari sudah bisa mencapai angka 2.000, dan pernah juga waktu menyelengarakan vaksinasi massal sebanyak 5.000 lebih dosis kami layani ke masyarakat,"  ujar Zaitun.

Ia menuturkan, dalam percepatan vaksinasi ini pihaknya juga bekerja sama dengan berbagai stakholder terkait.

"Untuk pelaksanaan vaksinasi covid-19 ini, kami rutin adakan setiap hari, bahkan bukan hanya di Puskesmas saja tetapi kami juga terjun langsung ke Desa-Desa. Intinya disini keterlibatan semua stekholder terkait, baik itu TNI Polri, perangkat desa, dan lainnya turut membantu dalam percepatan vaksinasi ini," ujar Zaitun.

 

Editor : Muri Setiawan
Bagikan Artikel Ini