get app
inews
Aa Read Next : Cara Mengatasi HP Oppo Recovery Mode

HP Tidak Bisa Ngecas, Jangan Panik Dulu, Lakukan 5 Langkah Berikut

Sabtu, 09 Oktober 2021 | 20:13 WIB
header img
5 langkah mengatasi HP Android tidak bisa ngecas. (Foto/Giz China)

PANGKALPINANG, lintasbabel.id - HP android saat ini sudah dibekali baterai, yang bisa bertahan lama. Namun, seringkali penggunanya menghadapi masalah dimana hp android tidak bisa dicas ketika baterai sudah lowbet.

Ketika menemui kendala seperti ini, jangan dulu membawa android Anda ke tukang service HP. Deteksi dahulu, apakah memang terjadi kerusakan di perangkat Anda tersebut, atau hanya ada beberapa masalah non teknis.

Tentunya, hal ini bisa menghemat sedikit uang Anda untuk service. Keuntungan lain, Anda juga dapat mengetahui, apa yang harus dilakukan jika hp tidak bisa dicas.

Berikut cara untuk mengetahui dan memperbaiki hp android yang tidak bisa dicas, seperti dikutip dari Okezone, Sabtu (9/10/2021): 

1. Lakukan Restart

Langkah awal yang harus dilakukan ketika android tidak bisa ngecas, adalah melakukan restart. Ini untuk mematikan dan menyalakan hp, agar semua sistem yang error kembali normal. Inilah cara termudah dan seringkali berhasil.

2. Periksa Charger

Ketika sudah melakukan restart, tetapi hp tidak juga bisa ngecas, bisa jadi masalahnya ada di perangkat charger Anda yang terdiri dari kabel USB dan kepala adaptor. Cara mengetahuinya, pinjam charger milik teman Anda untuk mengetahuinya.

Jika ternyata menggunakan charger teman Anda, hp sudah mulai bisa dicas, bisa jadi masalah ada di kabel USB atau kepala adapter. Karena keteledoran ketika mencabut kabel USB begitu saja, bisa membuat kabel dan port charger renggang.

Jika masalahnya di kabel USB, sebaiknya beli yang original agar dapat digunakan tanpa resiko.

3. Periksa Charging Port

Periksa charging port pengisian baterai yang ada di bawah hp android Anda. Ini untuk memastikan kondisinya bersih atau kotor. Karena kotoran yang menempel bisa menyebabkan port pengisian tidak terpasang sempurna, dan membuat hp tidak bisa ngecas.

4. Update Operating System

HP android dengan sistem operasi lama perlu diupdate karena bisa berpengaruh pada performa pengisian baterai. Jadi pastikan OS hp Anda sudah yang paling baru.

5. Terdapat Bug

Tanpa disadari, bisa saja ketika mengunduh software atau aplikasi tertentu menyebabkan hp android Anda error atau bug. Untuk mendeteksinya, Anda bisa menggunakan aplikasi khusus.

Demikian cara untuk mengatasi hp android Anda yang tidak bisa dicas dan cara mengatasinya. Namun, jika seluruh cara di atas tidak juga membuahkan hasil, bisa jadi baterai hp anda memang sudah minta diganti.

 

Editor : Muri Setiawan

Follow Berita iNews Lintasbabel di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut